Rintis Label Sendiri, Yura Yunita Andalkan Rasa

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 11:38 WIB
Rintis Label Sendiri, Yura Yunita Andalkan Rasa Merintis label sendiri, penyanyi Yura Yunita merasa bersemangat meski mengaku butuh banyak belajar. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Melepas album debut, 'Yura' pada 2014 bersama Glenn Fredly, solois Yura Yunita mencoba langkah berani dengan melahirkan label sendiri, Ayura. Ia meresmikan label tersebut bersamaan dengan rilis lagu terbaru, 'Harus Bahagia'.

Berbincang dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu, Yura mengungkapkan semangat merintis label itu didapatnya dari Glenn Fredly yang diakuinya berperan banyak sebagai mentor.

"Sebenarnya dari album pertama juga sudah terjun di jalur independen. Spirit bermusik independen, secara merdeka dan secara bebas itu memang sudah ditanamkan sama Yura dari tahun 2011 kenal sama Kak Glenn," ungkap pelantun 'Cinta dan Rahasia' tersebut.




Yura memaparkan, ia memetik banyak pelajaran dari seniornya. "Kak Glenn juga banyak kasih insight. Memang kan kita punya visi yang sama, yaitu sama-sama pengen berkarier di industri musik ini secara independen," ujarnya.

"Tapi tidak masing-masing, tidak sendiri-sendiri, tapi juga tetap berkolaborasi dengan yang lain. Bisa bantu musisi, endorse musisi lain untuk jadi besar, karena bisa saja banyak musisi lain di luar sana yang belum punya kesempatan untuk tumbuh besar," lanjut Yura bersemangat.

Membangun Ayura sejak 2015, Yura mengakui prosesnya memang panjang karena ia belajar sambil tetap mengukuhkan eksistensi dari panggung ke panggung. Baginya, berkarya di jalur independen lebih memuaskan.

"Sangat menyenangkan, karena dari awal sudah tahu apa yang kita mau. Ingin membuat karya seperti apa, tidak ingin dibatasi apapun untuk bisa berkarya. Jadi kalau punya label sendiri itu bisa membantu kita lebih fleksibel dalam berkarya, ekspresif dalam bermusik," katanya.



Membangun label sendiri, Yura menyadari ia harus membagi fokus dan berusaha lebih. Keinginan memproduseri penyanyi lain menjadi motivasi untuknya, meski untuk itu ia membutuhkan waktu lebih panjang.

Meski baru memulai, namun ia merasa positif dengan pilihan tersebut. Yura melihat label Ayura bisa pula menjadi opsi pendistribusian album atau single. "Ada Petra Sihombing yang sudah bareng. Rama Davis kemarin, dan ada banyak musisi lainnya juga, kita bantu distribusi," katanya seraya mengaku mengutamakan rasa dalam pemilihan artis.

"Memang dirintisnya pelan-pelan, segalanya nggak bisa instan. Menjalaninya satu persatu, yang insya Allah ke depannya akan lebih besar. Ada standarisasi khusus, tapi nggak bisa disebutkan di sini karena itu soal rasa, soal feeling," lanjutnya.

"Mungkin hampir sama kayak dulu Kak Glenn ketemu Yura, nggak bisa dijelaskan kata-kata. Meant to be saja, kita tumbuh besar bersama, gitu," ucap Yura yang mengubah penampilan di album kedua, 'Merakit'.

Yura Yunita akan mendendangkan lagu-lagunya dalam News at Musicroom yang akan disiarkan secara streaming di CNNIndonesia.com, Rabu (24/10) pukul 14.00 WIB. (dna/rea)