Pahit Manis para Fanatik Gim dan Komik di Comic Con Indonesia

CNN Indonesia | Sabtu, 27/10/2018 18:00 WIB
Pahit Manis para Fanatik Gim dan Komik di Comic Con Indonesia Di Comic Con Indonesia, para cosplayer berkompetisi dalam ajang
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia Comic Con (ICC) kembali digelar tepatnya pada 27-28 Oktober 2018 di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejak pukul 10.00 WIB antrean pengunjung mengular untuk mengikuti perhelatan budaya populer ini. Mulai dari anak-anak, orang tua, hingga para penggemar budaya kostum (cosplayer) tumpah ruah di sana.

Salah seorang pengunjung, Heni, rela membeli tiket seharga Rp120 ribu demi menyenangkan sang buah hati. Ia juga berharap Comic Con yang mengundang para pembuat dan seniman komik dari komik digital Line Webtoon ini bisa memberikan edukasi bagi anak-anaknya.


"Kalau saya menurut ke anak. Harapan saya, anak saya mungkin bisa dapat ilmu dari komikus untuk buat komik. Anak saya suka gambar, jadi kalau saya lebih ke arah edukasi, ujar Heni kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (27/10).

Berbeda dari Heni, Sultan, seorang pengujung lainnya, menyebut ICC 2018 belum memenuhi ekspektasi.

Pasalnya, tahun lalu ICC menghadirkan kompetisi untuk gim Tekken Series, sementara pada 2018 ini hanya menghadirkan kompetisi untuk game Player Unknow Battleground dan Arena of Valor (AOV).

"Ekspektasi saya lebih besar dari tahun lalu. Tapi artisnya menurut saya lebih bagus dari tahun lalu. Saya pribadi kurang suka dengan acara-acara eSport Moba itu. Saya lebih suka kompetisi dari konsol, tahun lalu ada kompetisi Tekken," kata Sultan.

Sultan juga menyebut ICC belum sebanding dengan perhelatan Comic Con di Amerika karena belum bisa mendatangkan nama-nama beken dari budaya populer mancanegara.

Saat ini ICC memang baru bisa menggaet pemeran Hodor dalam serial drama Game of Thrones, atau menghadirkan bintang Hollywood lain seperti Adrian Pasdar dari serial Heroes, Marvel Agents of S.H.I.E.L.D, dan Amanda Righetti dari serial Friday the 13th.

"Di sini daftar artis besarnya kurang. Cosplayer-nya kurang banyak dan juga lebih ke arah gim-gim online," kata Sultan.

Sementara itu urusan kostum, ICC sendiri menghadirkan nama beken Leon Chiro asal Italia dan Chihiro Chang dari Taiwan yang diyakini bisa menggaet para cosplayer untuk hadir.

Salah seorang cosplayer, Kenchi, datang berkostum Chun-Li dari seri gim Street Fighter. Ia datang khusus untuk bertemu Leon. .

"Saya ke sini hanya untuk bertemu Leon. Saya sudah tiga tahun berturut-turut, tahun ini semakin bagus dan acara juga semakin seru. Undangannya juga lebih bagus. Sesuai dengan ekspektasi," tutur Kenchi.

Senada dengan "Chun-Li", "Wonder Woman" juga mengakui ICC tahun ini dari segi sudut pandang cosplayer telah memenuhi ekspektasi. "Wonder Woman" ini bernama Melviani, ia datang ke ICC untuk bertemu sesama cosplayer.

Kendati demikian Melviani menyoroti sistem ticketing yang lambat. Pengamatan CNNIndonesia.com, bahkan antrean sempat mengular hingga ke luar garis antrean, bahkan pengunjung harus rela mengatri di jalan tempat mobil keluar masuk tempat parkir.

"ICC tahun ini lebih ramai. Pengunjung dan acaranya juga kurang lebih sama seperti tahun lalu. Kritikannya kayaknya ticketing lebih dipercepat," kata Melviani.

Bagi penggemar cosplay, kejuaraan cosplay ICC memberikan hadiah uang tunai Rp8 juta. Sang juara akan diterbangkan ke Chicago, Amerika Serikat untuk berkompetisi di Crown Championship of Cosplay di Chicago Comic Entertainment Expo (C2E2).


(jnp/vws)


ARTIKEL TERKAIT