Lima Langkah Internasional BTS, dari Korea Selatan ke Eropa

CNN Indonesia | Senin, 05/11/2018 08:04 WIB
Lima Langkah Internasional BTS, dari Korea Selatan ke Eropa Boyband BTS membuktikan diri mereka bukan hanya sekumpulan penyanyi dan penari asal Korea Selatan. (Foto: REUTERS/Steve Marcus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Karier boyband Korea Selatan Bangtan Boys (BTS) nampaknya tengah di atas awan. Bukan hanya jadi raja K-Pop di negeri sendiri, namanya di kancah hiburan telah merambat ke penjuru dunia.

Boyband beranggotakan tujuh orang ini tercatat telah mencicipi kolaborasi dengan rapper Nicki Minaj, disjoki Steve Aoki, dan penyanyi Charlie Puth.

Tak sampai di sana, boyband binaan Big Hit Entertainment ini juga sukses menggelar konser solo di Amerika dan Eropa. Bahkan, BTS berkesempatan menyampaikan pidato di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, di New York, beberapa waktu lalu.


Yang juga patut diingat, semua pencapaian ini didapat BTS di tahun 2018 saja. 


Duet dengan Nicki Minaj

BTS sempat mengejutkan para penggemar dengan membuat video musik bersama Nicki Minaj dalam single bertajuk 'IDOL'. Mereka bahkan membuat video musik kedua untuk lagu yang sama, karena Minaj tak muncul di video pertama.

Video musik pertama 'IDOL' sendiri telah disaksikan lebih dari 56 juta kali hanya dalam waktu 24 jam, menjadi rekor tersendiri di YouTube. Rekor itu sebelumnya dipegang oleh penyanyi Taylor Swift dengan 43 juta penonton untuk klip 'Look What You Made Me Do'.

[Gambas:Youtube]



Berpidato di Sidang Umum PBB

Pelantun 'Fake Love' ini mencetak sejarah dengan menjadi musisi Korea Selatan pertama yang menginjak podium PBB, Amerika Serikat. Prestasi itu tak lain karena UNICEF melirik kampanye BTS tentang larangan kekerasan terhadap anak-anak.

Kampanye bertajuk 'Love Myself' ini terbilang sukses dengan mendulang dana amal US$1 juta (setara dengan Rp15.2 M) dari penggemar seluruh dunia.

Kunjungan ke New York itu dimanfaatkan pula dengan menjadi bintang tamu acara bincang malam 'Tonight Show with Jimmy Fallon'. Sembari menjelaskan pengalamannya berpidato di Sidang Umum PBB, BTS juga memperlihatkan kepiawaian menarinya dengan menirukan Fortnite Dance Challenge.

'Jimmy Fallon' bukan debut BTS di televisi Amerika Serikat, sebelumnya mereka pernah duduk di sofa 'The Ellen Degeneres Show' pada 25 Mei silam.


Tembus pasar Amerika dan Eropa

Tak hanya berkali-kali rajai tangga lagu dunia Billboard dan iTunes, boyband yang debut pada 2013 ini juga sudah tiga kali menggelar tur konser solo keliling dunia. Pada 2018, tur promosi album 'Love Yourself: Tear' itu singgah ke 11 kota di Asia, Amerika Utara dan Eropa.

Kanada, Los Angeles, Chicago, London, Amsterdam, Berlin, Paris tak luput dari deretan kota besar di Amerika Eropa yang beli ludes puluhan ribu tiket konser BTS.

Popularitasnya di Amerika juga tak terelakkan lagi dengan dianugerahinya BTS di American Music Awards 2018 dalam kategori Favorite Social Artist. Di media massa Amerika, BTS menjadi satu-satunya bintang K-Pop yang masuk dalam daftar anak muda Asia di bawah usia 30 tahun yang berpengaruh versi Forbes.

Majalah TIME juga tak ketinggalan menampilkan ketujuh anggota BTS dalam sampulnya dengan tema 'Next Generation Leaders'.



Kolaborasi bersama Steve Aoki

Sesuai dengan gaya lagu BTS yang memadukan K-Pop dan EDM, Steve Aoki sudah tiga kali menggandeng boyband itu untuk kolaborasi lagunya. Beberapa hari lalu, mereka berkolaborasi merilis 'Waste It On Me' dan telah diputar sebanyak satu juta kali lewat layanan musik streaming dalam waktu empat jam sejak dirilis.

Sebelumnya, Aoki pernah me-remix lagu 'MIC Drop' dan 'The Truth Untold'.

'The Truth Untold' pun dimainkan Aoki dalam penampilannya di salah satu festival musik elektronik terbesar dunia, Tomorrowland 2018 di Belgia.

[Gambas:Youtube]


Berbagi panggung dengan Charlie Puth

Yang terbaru, BTS bakal berkolaborasi dengan penyanyi Charlie Puth di ajang penghargaan MBC Plus X Genie Music Awards (MGA) 2018, Korea Selatan.

BTS dan Charlie Puth sebelumnya telah menunjukkan dukungan satu sama lain di media sosial. Pada 2017, Puth menulis di Twitter terkait betapa ia menyukai hasil cover Jungkook menyanyikan lagu hit-nya 'We Don't Talk Anymore'. (tsy/rea)