FOTO: Kaisar Pertama Tiongkok dan Keabadian Terakota

ANTARA, CNN Indonesia | Sabtu, 03/11/2018 16:52 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Komplek pemakaman Kaisar Qin Shi Huang dikelilingi oleh deretan patung prajurit dan senjatanya sebagai bentuk 'keabadian' sang Kaisar.

Komplek pemakaman Kaisar Qin Shi Huang merupakan salah satu situs arkeologi terbesar di muka bumi dan menjadi tujuan pariwisata terbesar di Republik Rakyat Cina (RRC). (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)
Mengutip ANTARA, situs itu tak sengaja ditemukan pada 1974 silam. UNESCO menyematkan situs arkeologi yang terletak di Xian, provinsi Shaanxi sebagai situs warisan dunia pada 1987. (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)
Komplek patung prajurit itu dibangun sengaja atas dasar obsesi Kaisar Qin Shi Huang pada keabadian. Dengan adanya kompleks patung itu, diharapkan sang Kaisar dapat terjaga di alam berikutnya. (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)
Kisah pemerintahan Dinasti Qin itu ditemukan dari sebuah dokumen kuno berusia 2 ribu tahun dari dalam sebuah sumur tua di Provinsi Hunan. (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)
Diceritakan, Kaisar Qin Shi Huang berhasil menorehkan sejarah kepemimpinannya dengan menaklukkan enam penguasa negeri-negeri Tiongkok, sekaligus menutup era Dinasti Zhou. (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)
Seantero Tiongkok dalam genggamannya, seluruh potensi yang dianggap akan melahirkan pemberontakan, ditumpasnya. (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)
Namun, sang Kaisar menyadarai, bahwa seluruh yang diraihnya tak bisa dinikmatinya seandainya umur terbatas. Lantas, dia mulai terobsesi dengan ramuan keabadian. (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)
Tapi alam berkehendak lain, Kaisar pertama Tiongkok itu mati muda di usianya yang ke-49 pada tahun 210 SM. Dinasti Qin juga hanya dapat bertahan pada dua generasi keturunannya. (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)
Gugusan patung terakota ini dipertontonkan untuk umum oleh pemerintah Cina pada 1 Oktober 1979, bertepatan dengan Hari Nasional RRC. (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA