Romansa Ahok-Veronika Tak Muncul di Film 'A Man Called Ahok'

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 10:34 WIB
Romansa Ahok-Veronika Tak Muncul di Film 'A Man Called Ahok' Sutradara 'A Man Called Ahok', Putrama Tuta menegaskan bahwa dirinya memilih fokus kepada hubungan antar ayah-anak daripada rumah tangga Ahok. (Foto: CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang perilisannya pada 8 November mendatang, sutradara film 'A Man Called Ahok', Putrama Tuta, tegaskan bahwa kisah rumah tangga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan sang mantan istri, Veronika Tan, tak akan dihadirkan dalam film ini. Fokus utama film ini akan terletak pada hubungan Ahok dengan sang ayah, Kim Nam.

Sejak awal, Putrama yang juga duduk di kursi penulis naskah bersama dengan Ilya Sigma ini merumuskan skenario yang berfokus pada kisah ayah-anak tersebut. Pria kelahiran 1982 ini mengaku jika dirinya menghadirkan beragam kisah Ahok dalam film ini maka fokus film ini akan terpecah.

"Dari awal skenario awal, saya mau berfokus ke father-son story. Dengan memunculkan karakter Ibu Vero akan membuat fokus film ini terpecah. Ini cerita seorang bapak mendidik anaknya," ujarnya kala jumpa media di kawasan Jakarta Selatan, Senin (5/11).




Film 'A Man Called Ahok' memang dibuat berdasarkan buku karangan Rudi Valinka alias Kurawa dengan judul serupa. Banyaknya tokoh di dalam buku tersebut membuat Putrama harus mampu memilih jalan cerita utama dalam film ini.

"Di film ini, saya juga menampilkan karakter Ahok dengan jujur namun dari sisi lain yang tidak diketahui oleh orang banyak, yaitu saat itu berada di tengah keluarga," ucapnya.

Tak hanya dari buku tersebut, Putrama mengaku dirinya melakukan banyak riset untuk menyempurnakan pengembangannya atas sosok mantan Bupati Belitung Timur tersebut. Salah satunya adalah film dokumenter 'Fight Like Ahok'.



Film yang diproduksi oleh The United Team of Art (TUTA) ini menceritakan tentang pembentukan karakter seorang anak yang dimulai dari keluarga. Dengan dua latar waktu yang berbeda, film ini akan menceritakan Ahok di masa kecil dan dewasa.

Daniel Mananta akan berperan sebagai Ahok dewasa dan Eric Febrian sebagai Ahok kecil. Film ini juga turut dibintangi oleh Chew Kin Wah, Donny Damara, Denny Sumargo, Eriska Rein, Ferry Salim dan Jill Gladys. (dna/rea)