Film Dokumenter Aretha Franklin Tertunda Selama 46 Tahun

dna & , CNN Indonesia | Kamis, 08/11/2018 13:41 WIB
Film Dokumenter Aretha Franklin Tertunda Selama 46 Tahun Sebuah film dokumenter pembuatan album 'Amazing Grace' milik Aretha Franklin disebut tertunda pembuatannya selama 46 tahun. (Foto: AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Dimitrios Kambouris
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehidupan balik layar penyanyi legendaris Aretha Franklin akan dimuat dalam sebuah film dokumenter. Film yang berkisah tentang proses perekaman album 'Amazing Grace' pada 1972 ini akan rilis di Festival DOC NYC pada 12 November mendatang.

Kisah dua malam Aretha kala melakukan proses rekaman untuk album 'Amazing Grace' di New Temple Missionary Baptist Church, Los Angeles, menjadi sebuah dokumenter yang ditunggu-tunggu sejak 46 tahun silam.




Pasalnya, album ini merupakan salah satu karya terbaik dari sang Queen of Soul. Album ini mengantarkan Aretha meraih dua Piala Grammy dalam kategori Best Soul Gospel Performance dan Grammy Hall of Fame, dan disebut sebagai album gospel terlaris sepanjang masa.

Proyek ini sesungguhnya dicetuskan oleh sang pengambil gambar itu sendiri yakni Sydney Pollack yang bertajuk senada dengan judul album Aretha. Namun, Pollack membuat kesalahan dengan tidak menggunakan papan clapper selama pembuatan film dokumenter ini. Rekaman mentah 20 jam tersebut menjadi sulit untuk disunting.

Tak hanya itu, berbagai komplikasi seperti permasalahan hukum yang berlarut-larut semakin membawa film ini jauh dari kata rampung. Penyuntingan film ini baru selesai pada 2011 silam dengan Alan Elliot sebagai produser.

Selain itu, dirinya baru mendapatkan hak untuk film tersebut pada 2007 lalu dan setelahnya harus berdaya upaya untuk merampungkan suntingan rekaman-rekaman tersebut menggunakan teknologi digital.



"Penggemar Aretha pasti terpesona dengan setiap momen dalam film ini yang menunjukkan kejeniusan, pengabdiannya kepada Tuhan dan rohnya yang hadir di setiap frame," ujar Elliot.

Perilisan yang lebih luas akan film ini diprediksikan akan tayang pada Januari mendatang.

Aretha Franklin merupakan penyanyi aliran soul asal Amerika Serikat yang tutup usia pada 76 tahun pada Agustus silam. Semasa hidupnya, ia mewariskan banyak karya di dunia tarik suara. Para penyanyi di jalur soul, pop, dan lainnya di masa kini menjadikan dia sebagai panutan karena kemampuan olah vokalnya yang dahsyat lantaran rentang suaranya yang bertenaga. (rea)