Masuk Nominasi Hall of Fame, Missy Elliot Catat Sejarah

CNN Indonesia | Sabtu, 10/11/2018 12:43 WIB
Masuk Nominasi Hall of Fame, Missy Elliot Catat Sejarah Missy Elliott adalah rapper wanita pertama yang berhasil masuk nominasi Songwriters Hall of Fame. (Foto: Matthew Emmons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapper Missy Elliott menorehkan sejarah di ajang penghargaan Songwriters Hall Of Fame 2019.

Ia menjadi rapper wanita pertama sepanjang sejarah Hall Of Fame yang masuk dalam nominasi performing songwriters.

Kancah Elliottt di industri musik memang jarang terlihat mata, namun sesungguhnya karyanya dipakai di mana-mana.


Musisi bernama lengkap Melissa Arnette Elliott itu memiliki pengaruh besar di dunia hip-hop dan R&B melalui karya solonya 'The Rain', 'Work It', 'Lose Control', dan 'Get Ur Freak On'.



Tak terkecuali, kolaborasinya dengan Aaliyah, Mariah Carey, Janet Jackson, Mary J. Blige, dan sederet nama populer lain.

Elliott memang patut berbangga. Pasalnya, jika berhasil terpilih, ia akan menjadi rapper wanita pertama sekaligus jadi rapper ketiga yang dianugerahi nominasi tersebut, setelah sebelumnya Jay-Z dan Jermaine Dupri sudah mendahuluinya.

Dilansir dari Ace Showbiz, samping dirinya, terdapat sederet nama penyanyi papan atas, seperti Mariah Carey, Chrissie Hynde, Vince Gill, Mike Cinta Beach Boys, Jimmy Cliff, Jeff Lynne, Cat Stevens, John Prine, Lloyd Price, Tommy James, diikuti Annie Lennox dan Dave Stewart dari Eurythmics.

Dari nominasi non-performing, beberapa musikus senior juga ikut terdaftar, yakni Jack Tempchin sang penulis Eagles, Dean Dillon, Jerry Fuller, Tom T. Hall, Roger, dan pencipta hit genre R&B Dallas Austin yang menulis untuk TLC, Madonna, Monica, Pink dan Boyz II Men.



Selanjutnya, dari kategori duo non-performing songwriters, diisi oleh P.F. Sloan dan Steve Barri, Russell Brown dan mendiang Irwin Levine, penulis teater musikal Lynn Ahrens dan Stephen Flaherty, Dean Pitchford dan Michael Gore, Dan Penn dan Spooner Oldham, Bobby Hart, dan almarhum Tommy Boyce.

Ada pula, Drake membawa pulang piala penghargaan Hal David Starlight untuk mengapresiasi pendatang baru pada 2011.

Pemungutan suara akan dibuka hingga 17 Desember, dengan catatan anggota yang memenuhi syarat hanya dapat memilih tiga penulis lagu bukan penampil dan tiga penulis lagu penampil. Lantas para pemenang akan secara resmi dilantik pada perayaan ke-50 Hall of Fame di New York pada 13 Juni 2019.

Acara ini merupakan salah satu upacara penghargaan paling unik di industri musik yang menampilkan kombinasi musisi yang tak biasa, misalnya saja Billy Joel dan Garth Brooks pernah bernyanyi duet dengan topi stetson hitam dalam penutupan acara. (tsy/rea)