Deklarasi The Panas Dalam di Teaser 'Koboy Kampus' Pidi Baiq

CNN Indonesia | Minggu, 11/11/2018 06:02 WIB
Deklarasi The Panas Dalam di Teaser 'Koboy Kampus' Pidi Baiq Imam Besar The Panas Dalam, Pidi Baiq, telah merilis teaser film Koboy Kampus 1995 yang ia sutradarai. Sebuah film untuk 'Memahami The Panas Dalam'. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seniman serba bisa nan nyeleneh asal Kota Bandung, Pidi Baiq, telah mengeluarkan cuplikan (teaser) untuk film terbarunya, Koboy Kampus 1995 - Understanding The Panas Dalam.

Teaser film yang disutradarai langsung oleh Pidi Baiq itu diunggah lewat akun media sosial Instagram sang penulis buku populer seperti triogi Dilan dan empat seri buku Drunken tersebut, Sabtu (10/11).

Teaser itu dibuka seolah film menegangkan dengan adegan gelap, dan suara latar dialog, "Enggak usah ngurusin urusan pemerintah negara, biar Soeharto yang urus, kan dia presidennya."



Cuplikan lalu bergeser ke aksi demonstrasi dan mahasiswa-mahasiswa yang sedang melakukan orasi dan terlibat dalam penertiban aparat yang mencoba menjaga keamanan.

"Ibu pertiwi sedang menangis, ibu pertiwi sedang bersusah hati, karena emas intannya sedang dikuras," demikian latar suara orasi mahasiswa yang berunjuk rasa.

Suasana mencekam itu kemudian menjadi ceria ketika, dua musisi yang mengambil peran dalam film tersebut, Jasson Ranti yang sedang nongkrong bersama Danilla Riyadi menonton aksi orasi itu berceletuk, "Kayak lagu ya itu barusan."

Keceriaan pun ditambah dengan suara latar harmonika yang ringan.

Ada cuplikan Jasson Ranti menyatakan enggan mengikuti demonstrasi, dan berkata, "Mending bikin negara sendiri."

Cuplikan-cuplikan yang menyenangkan pun dimulai hingga diputuskannya para Koboy Kampus yang memulai negara baru di dalam studio lukis kampus pada tahun 1990an di Kota Bandung.

"Ini adalah Negara Kesatuan Republik The Panas Dalam," demikian mereka menyebut negara tersebut.

Lantas KTP-nya?

"Import aja dulu, KTP mah gampang," demikian dialog terakhir pada cuplikan film Koboy Kampus 1995 tersebut.

[Gambas:Instagram]

Film Koboy Kampus 1995 yang dibuat Enam Sembilan Production itu sendiri mulai diambil gambarnya pada 9 Juli silam. Dan, pada akhir teaser yang diunggah Pidi kemarin, film itu dijanjikan akan ada segera di bioskop.

Selain Jasson Ranti yang dikenal sebagai musisi folk dengan gitar dan harmonikanya, Pidi Baiq mengajak sejumlah musisi dan seniman untuk film yang mengangkat sejarah gerakan 'nyeleneh' yang dicetuskan bersama para sahabatnya saat berkuliah pada 1990an silam.

Beberapa di antaranya adalah Danilla Riyadi, Viny JKT48, Bisma Kharisma, Ink Rosemarry, dan Tisna Sanjaya.

Termasuk, dalam film ini pun akan ada peran dari Chicha Koeswoyo, penyanyi cilik pada 1970-1980an yang menjadi inspirasi salah satu lagu milik The Panas Dalam--grup musik yang dibangun Pidi Baiq bersama lima kawannya mahasiswa ilmu Seni Rupa di ITB pada 1995 silam.

[Gambas:Youtube]





(kid/kid)