Akhir Pekan Debut, 'Ahok' Kalahkan 'Hanum & Rangga'

CNN Indonesia | Senin, 12/11/2018 18:44 WIB
Akhir Pekan Debut, 'Ahok' Kalahkan 'Hanum & Rangga' Berdasarkan data akhir pekan debut, 'A Man Called Ahok' berhasil mendapatkan 587 ribu penonton dan 'Hanum & Rangga' memperoleh 201 ribu. (Dok. The United Team of Art via Youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak dirilis perdana serentak pada 8 November lalu, kedua film Indonesia A Man Called Ahok dan Hanum & Rangga bersaing ketat memperoleh penonton di akhir pekan pertama mereka.

Namun berdasarkan data terbaru yang dirilis masing-masing studio, Senin (12/11), film A Man Called Ahok berhasil mengungguli Hanum & Rangga dengan capaian 587.747 tiket terjual.

[Gambas:Instagram]


Bila mengacu pada asumsi satu tiket seharga Rp35 ribu, maka film yang diangkat dari buku karya Rudy Valinka itu memperoleh pendapatan box office lebih dari Rp20 miliar.

Sedangkan pesaing ketatnya, Hanum & Rangga, berhasil menjual 201.378 tiket atau mendapatkan asumsi perolehan sebesar sekitar Rp7 miliar.

[Gambas:Instagram]

Kedua film tersebut bersaing ketat sejak dirilis bersamaan pada 8 November lalu. A Man Called Ahok tercatat berhasil menjual sekitar 103 ribu tiket atau diasumsikan mendapatkan sekitar Rp3,6 miliar.

Sedangkan film Hanum & Rangga diketahui berhasil menjual 45 ribu tiket atau diasumsikan mendulang Rp1,5 miliar.

[Gambas:Instagram]


Persaingan kedua film tersebut ternyata juga berdampak pada perolehan jumlah tiket yang terjual di Indonesia pada pekan lalu.

Pengamat box office independen Sigit Prabowo melalui akunnya, Bicara Box Office, menemukan bahwa terjadi lonjakan jumlah penonton atau tiket terjual pada akhir pekan debut dua film itu.

Hal itu terlihat dari unggahan pengamat independen yang memperoleh data dari sumber-sumber umum dan lingkungan industri perfilman tersebut.

Unggahan tersebut menunjukkan, dari 12 film lokal yang tayang di bioskop pada periode 5-11 November 2018, semua film mengalami penurunan jumlah tiket terjual karena terfokus pada tiga film baru: A Man Called Ahok, Hanum & Rangga, dan Wahana Rumah Hantu.

[Gambas:Instagram]

Sejak dirilis pada 8 November, persaingan dua film yang memiliki latar belakang biografi tokoh yang dikenal publik, Basuki Tjahaja Purnama dan Hanum Rais tersebut sudah ditunjukkan oleh netizen.

Sebagian netizen menunjukkan kebanggaannya masing-masing atas film tersebut. Sebagian lainnya, membandingkan perolehan kursi penonton antar dua film itu.


















Meski kedua film tersebut berkaitan dengan sosok yang rekat dengan politik dalam beberapa tahun terakhir, A Man Called Ahok serta Hanum & Rangga sama sekali tak memiliki sangkut paut dengan politik.

A Man Called Ahok mengisahkan hubungan antara Ahok dengan ayahnya, Kim Nam mulai dari Ahok masih anak-anak hingga dewasa.

[Gambas:Youtube]

Selain itu, film ini mengisahkan bagaimana Ahok amat dipengaruhi dari didikan dan pandangan Kim Nam untuk menjalani hidupnya kelak.

Sedangkan Hanum & Rangga mengisahkan perjuangan Hanum dan Rangga mempertahankan kisah cinta mereka di tengah kesibukan Hanum di New York dan sejumlah pihak yang datang di tengah rumah tangga mereka.

[Gambas:Youtube] (end)