Setelah 30 Tahun, 'My Neighbor Totoro' Tayang di China

CNN Indonesia | Selasa, 13/11/2018 08:26 WIB
Setelah 30 Tahun, 'My Neighbor Totoro' Tayang di China 30 tahun dibutuhkan sampai film 'My Neighbor Totoro' akhirnya diputar di China. (Foto: Dok. Studio Ghibli via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film anime My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro) garapan Hayao Miyazaki bakal menjadi film pertama Studio Ghibli yang tayang di bioskop China.

Penayangan itu dilaporkan bakal dilakukan pada 14 Desember mendatang sebagai peringatan ke-30 sejak debut anime tersebut.

Nantinya, anime yang telah direstorasi secara digital akan memiliki teks asli Jepang dan versi sulih suara bahasa China khusus perilisan di Negara Tirai Bambu.


Berdasarkan laporan laman web film China Mtime September lalu, distributor lokal juga disebut telah merundingkan peluncuran hasil produksi Studio Ghibli lainnya selain Totoro.


My Neighbor Totoro merupakan cerita yang dibuat di Jepang pascaperang tentang dua putri muda seorang profesor yang menemukan roh hutan.

Satsuki dan Mei tidak punya prasangka apa pun saat pindah ke desa demi ibunya yang sakit. Setelah tinggal beberapa lama, barulah mereka menyadari bahwa ada roh-roh hutan yang berada di dekat mereka. Salah satu teman baru imut mereka bernama Totoro.

Film ini pertama kali dirilis pada 1988, bersamaan dengan karya Isao Takahata, Grave of the Fireflies. Kala itu, Totoro hanya mengambil untung sebesar US$5 juta di box office Jepang.


Meski demikian, film ini terus mengumpulkan penggemar dan pujian, hingga akhirnya menarik lebih dari US$250 juta dari seluruh dunia.

Totoro pun telah menjadi salah satu karakter favorit dan penjualan pernak-perniknya di Jepang telah mencapai lebih dari US$1,1 miliar.

Sejauh ini, mengutip Hollywood Reporter, film anime Jepang terlaris terbesar di China adalah Stand by Me Doraemon, yang menghasilkan sekitar US$87 juta saat perilisannya pada 2015.

[Gambas:Youtube] (agn/end)