Ringgo Pahami Peran Keluarga Lewat 'Keluarga Cemara'

CNN Indonesia | Selasa, 13/11/2018 19:47 WIB
Ringgo Pahami Peran Keluarga Lewat 'Keluarga Cemara' Ringgo Agus Rahman mengaku berperan sebagai Abah di film 'Keluarga Cemara' membuat dirinya lebih memahami dan menghargai keluarga. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Ringgo Agus Rahman mengaku lebih memahami peran keluarga setelah tampil sebagai Abah dalam film Keluarga Cemara.

Selama pembacaan naskah dan pengambilan gambar, ia mengaku belajar bahwa keluarga adalah pihak yang selalu berada baik di saat sedih atau pun bahagia.

Terlebih, kata Ringgo, Keluarga Cemara bercerita tentang keluarga kaya raya yang tiba-tiba jatuh miskin. Mau tak mau keluarga itu harus bertahan hidup dengan segala kekurangan.


Bukan hanya materi, tetapi keharmonisan keluarga juga dibutuhkan untuk mempertahankan bahtera rumah tangga.

"Gue kayak melihat gambaran bagaimana kalau gua punya anak dua atau tiga. Kemudian pertanyaan, apa yang terjadi kalau anak gue udah dewasa dan gue mengalami guncangan hebat itu. Sejauh ini kekuatan gue selalu hadir dari keluarga," kata Ringgo saat jumpa media di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (13/11).


Ringgo mengingat pada masa-masa kuliah saat ia sempat mengalami kesulitan. Menurutnya sahabat sudah pasti akan ikut ketika keadaan baik-baik saja dan menyenangkan, tetapi ketika dalam keadaan sulit sahabat hanya berkata 'sabar ya'.

Aktor berusia 36 tahun ini mencontohkan dengan kejadian yang sederhana. Ia sempat kehabisan uang karena kalah taruhan, sementara sahabat yang biasanya ikut bersenang-senang hanya berkata 'sabar ya' tanpa memberikan solusi. Baginya respons seperti itu dari sahabat sangat kurang.

[Gambas:Instagram]

"Di titik paling rendah saat tidak mengandalkan keluarga, keluarga akan hadir. Mungkin ini yang ingin [dilakukan] di masa depan, kalau ada guncangan hebat yang mau gue jaga adalah keutuhan keluarga," kata Ringgo.

Riggo sendiri sudah berkeluarga sejak menikah dengan aktris Sabai Dieter Morscheck pada 2015 lalu.


Mereka berdua dikaruniai seorang anak bernama Bjorka Dieter Morscheck yang lahir pada 2016. Sejak itu pula Ringgo belajar menjadi seorang ayah yang ternyata berguna untuk perannya kini.

Ringgo mengaku sempat merasakan beban ketika harus berperan sebagai Abah yang sudah lekat dengan aktor Adi Kurdi. Kurang lebih Adi sudah berperan sebagai Abah dari 1996 sampai 2004 dalam sinetron Keluarga Cemara.

"Mungkin memang harus punya anak dulu supaya tahu rasanya dan ada banget perbedaannya. Dulu waktu belum punya anak kurang peduli, awalnya gue bukan orang yang suka sama anak-anak karena enggak tahu gimana bercandanya," kata Ringgo.

Keluarga Cemara akan rilis serentak di bioskop pada 3 Januari mendatang. Namun film itu akan tayang perdana dalam gelaran Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018 dari 27 Desember sampai 4 Desember.

[Gambas:Youtube] (adp/end)