FOTO: Festival Chhath Puja, Pemujaan kepada Dewa Matahari

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 08:33 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Festival Chhath Puja adalah festival yang penting bagi pemeluk Hindu di India dan Nepal, bertujuan meminta berkat dan umur panjang untuk orang-orang tercinta.

Chhath Puja adalah sebuah festival yang didedikasikan kepada Dewa Matahari dan istrinya Dewi Usha. (Photo by SAM PANTHAKY / AF / AFP)
Chhath Puja dirayakan pada hari keenam di bulan Kartik menurut kalender Hindu. Tahun ini, festival tersebut diperingati mulai Selasa (13/11) malam sampai Rabu (14/11) pagi. (REUTERS/Amit Dave)
Wanita-wanita Hindu sedang memuja Dewa Matahari, menceburkan diri dalam Laut Arab sebagai bagian dari perayaan Festival Chhath Puja di Mumbai, India. (REUTERS/Francis Mascarenhas)
Seorang wanita mencelupkan diri dalam air penuh polusi di sungai Yamuna di New Delhi, India. (REUTERS/Anushree Fadnavis)
Seorang pemuja membawa 'tika' saat menaikkan doa-doa kepada Matahari dalam Festival Chhat di sepanjang sungai Bagmati di Kathmandu, Nepal. (REUTERS/Navesh Chitrakar)
Wanita ini melangkahi seorang bayi mungil, sebuah bagian dari ritual meminta berkat dari Dewa Matahari untuk si bayi di Kolkata, India. (REUTERS/Rupak De Chowdhuri)
Di India, para pemuja mengumpulkan sajen sebelum memulai penyembahan kepada Dewa Matahari di alur sungai Sabarmati di Ahmedabad. (REUTERS/Amit Dave)
Festival Chhath juga dikenal sebagai Surya Pooja adalah kegiatan kepercayaan yang penting di India dan Nepal. Mereka bertujuan mencari umur panjang dan kesehatan, utamanya untuk pasangan. (Photo by SANJAY KANOJIA / AF / AFP)
Para pemuja Matahari berkumpul di tepi sungai Yamuna untuk menyembah Matahari di New Delhi, India. (REUTERS/Anushree Fadnavis)
Seorang wanita ditawari 'tika', yaitu perhiasan yang dipasang di dahi, ketika dia akan berdoa di sungai Bagmati, Kathmandu, Nepal. (REUTERS/Navesh Chitrakar)