Kolaborasi, Tiger JK Ungkap Kekaguman pada RM 'BTS'

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 19:11 WIB
Kolaborasi, Tiger JK Ungkap Kekaguman pada RM 'BTS' Tiger JK berpendapat jika RM 'BTS' sungguh bertalenta. (Foto: Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiger JK akhirnya melepas album terakhir dari grupnya Drunken Tiger, di mana berkolaborasi dengan RM dari BTS untuk salah satu lagu.

Album ke-10 Drunken Tiger itu bertitel X: Rebirth of Tiger JK dan rilis pada 14 November lalu.

Di dalamnya, ada dua cakram padat dengan total 24 lagu, dilengkapi sejumlah kolaborasi bersama beberapa artis termasuk RM dari BTS, Vernon dari SEVENTEEN, Kim Jong Kook, HaHa, Eun Ji Won dari SECHSKIES dan Defconn.


Melansir Soompi, dalam sesi dengar album di hari perilisan, Tiger JK membicarakan kolaborasinya dengan RM, di mana ia mengungkapkan kekaguman terhadap personel boyband yang sedang naik daun tersebut.


"Ketika saya memulai sesuatu yang baru dengan membentuk MFBTY, RM mulai sering datang ke Uijeongbu (sebuah kota di provinsi Gyeonggi, Korea Selatan) untuk belajar tentang hip-hop," ungkap Tiger JK.

"Dia sangat tertarik pada hip-hop, dan Bang Shi Hyuk juga bilang akan menarik kalau kami bisa bekerja bersama. Saat itulah kami mulai berteman," kenang pria yang dikenal sebagai sosok penting dalam perkembangan hip-hop di Korea tersebut, menyebut nama pendiri agensi Big Hit Entertainment.

Melihat potensi dalam diri RM, Tiger JK menyebut ia adalah artis pertama yang diajaknya berkolaborasi ketika konsep album terakhir Drunken Tiger matang.

"RM sangat sibuk, tetapi dia bergairah tentang musik, jadi kami memilih lagu bersama-sama," katanya.

Menurut JK, sebenarnya dirinya dan RM bisa membuat lagu yang lebih 'lembut', namun pada akhirnya mereka memilih Timeless karena mereka sepakat melakukan apa yang disukai tanpa mempedulikan sukses di tangga lagu.


JK mengakui, pertama kali mendapat telepon dari Bang Shi Hyuk terkait RM, ia sempat merasa sedikit ragu karena jarang mendengar nama dan karya RM.

Namun kini pandangan itu telah berubah. "Saya menyadarinya ketika kami mengobrol tentang musik yang kami suka dan menjalani proses rekaman, RM jelas punya warnanya sendiri," ujar JK.

"Pemahaman RM tentang lagu dan caranya menulis lirik mengingatkan saya pada saat kami (Drunken Tiger) masih jadi rapper underground," lanjutnya.

"Saya merasakan ketulusan dan semangatnya. Dia memang bertalenta."

Tiger JK telah 20 tahun berkecimpung dalam dunia hip-hop, membuatnya menjadi pionir dan disegani di skena tersebut. Selain bersolo karier, pria 44 tahun ini juga membentuk grup hip-hop bernama Drunken Tiger dan MFBTY, serta sempat melahirkan dua label. 

[Gambas:Youtube] (rea)