40 Ribu Orang Minta Maroon 5 Tolak Tawaran Super Bowl 2019

CNN Indonesia | Jumat, 16/11/2018 13:51 WIB
40 Ribu Orang Minta Maroon 5 Tolak Tawaran Super Bowl 2019 Maroon 5 diminta menolak tampil di Super Bowl 2019 sebagai bentuk solidaritas terhadap atlet Colin Kaepernick. (Foto: REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah petisi yang mengajak menolak penampilan band Maroon 5 di Super Bowl Halftime Show telah ditanda tangani puluhan ribu orang.

Dilansir NME, petisi itu meminta band pelantun 'Moves Like Jagger' tersebut untuk menolak penawaran tampil dan bersolidaritas untuk Colin Kaepernick.

Kaepernick, mantan pemain NFL dari tim San Fransisco 49ers, menjadi pembicaraan ketika ia berlutut saat lagu kebangsaan Amerika Serikat 'The Star-Spangled Banner' berkumandang sebagai bentuk protes pribadinya terkait kebrutalan polisi dan isu rasial, dua tahun lalu.


Sejak saat itu, Kaepernick disebut berstatus free agent. Namun dukungan terus mengalir kepadanya, termasuk dari pesohor lain, termasuk atlet LeBron James dan Serena Williams.



"Kaepernick mengorbankan karier untuk berlutut demi persamaan manusia dam NFL menghukumnya untuk hal itu," tulis petisi terkait.

"Sampai liga mengubah kebijakannya dan mendukung hak konstitusional pemain untuk melakukan protes, tidak seharusnya ada artis yang setuju bekerja sama dengan NFL. Bergabunglah dengan saya untuk meminta Maroon 5 menolak tampil di Super Bowl 2019."

Petisi tersebut juga menyebut nama Rihanna serta Jay-Z yang sudah terlebih dahulu menyatakan sikap mereka terhadap keputusan NFL.

"Rihanna bukanlah artis pertama yang tak mau tampil di Super Bowl. Jay-Z menolak permintaan manggung di Super Bowl 2017 dan bahkan menuliskannya di lagu 'Apesh*t' pada 2018," lanjut petisi itu.

"Jay-Z menulis lirik, 'I said no to the Super Bowl: you need me, I don't need you. Every night we in the endzone, tell the NFL we in stadiums too', ketika video musik 'Apesh*t' menampilkan adegan sejumlah pria berlutut."



Bulan lalu, sebuah sumber mengatakan kepada ET bahwa Rihanna menjadi pilihan utama penyelenggara untuk bernyanyi di Super Bowl tahun depan, tetapi pelantun 'Diamonds' itu menolak.

"Rihanna adalah pilihan utama di Super Bowl 2019. CBS dan NFL mengontaknya, yang setelah memikirkan penawaran itu, memutuskan untuk tidak menerimanya sebagai bentuk solidaritas (terhadap Kaepernick)," ujar sumber tersebut.

Sampai saat ini, belum ada tanggapan apapun dari pihak Maroon 5. (rea)