Lukisan Kolam Renang David Hockney Terjual Rp1,3 T

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 17/11/2018 10:18 WIB
Lukisan Kolam Renang David Hockney Terjual Rp1,3 T Mahakarya seniman Inggris David Hockney yang menggambarkan pria di tepi kolam renang berhasil memecahkan rekor pelelangan dan terjual US$90,3 juta atau Rp1,3 T. (Don EMMERT / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lukisan mahakarya ciptaan seniman legendaris Inggris David Hockney yang menggambarkan adegan di kolam renang telah terjual sebesar US$90,3 juta atau sekitar Rp1,3 triliun.

Karya tersebut terjual dalam sebuah lelang yang diadakan Kamis (15/11) di New York. Capaian nilai tersebut menjadi rekor baru bagi Hockney.

Lukisan yang berjudul Potrait of an Artist (Pool with Two Figures) tersebut ludes terjual dalam lelang yang berlangsung selama sembilan menit dan didominasi oleh pembeli melalui sambungan telepon.


Catatan rekor terbaru ini jauh mengungguli rekor penjualan sebelumnya milik seniman asal Amerika, Jeff Koons. Karya Koons, Balloon Dog (Orange) terjual sebesar US$58,4 juta di balai lelang Christie's pada 2013 lalu.


Penjualan karya Hockney ini mendapatkan tepuk tangan meriah oleh para undangan yang hadir di balai lelang Christie's, terutama saat harga lelang menembus US$80 juta.

Perebutan lukisan tersebut kemudian berakhir dengan angka pemenang US$90.312.500.

Angka penjualan tersebut terbilang mengherankan mengingat Hockney pernah mengatakan kepada CNN bahwa lukisan itu pada awalnya hanya dijual sebesar US$20 ribu oleh pihak ketiga pada 1972.

Hockney mengatakan bahwa jumlah tersebut pada kala itu adalah uang yang berlimpah. Namun ia tak menyangka bahwa ketika dijual lagi, harga lukisannya melonjak menjadi US$50 ribu.

Sedangkan harga yang dicapai pada Kamis (15/11) merupakan lonjakan berkal-kali lipat yang pernah diperoleh Hockney terakhir kali, yaitu US$28,4 juta untuk karyanya, Pacific Coast Highway and Santa Monica, di pelelangan pada 1990.


"Saya berharap dia [Hockney] tidak kesal kami menjualnya terlalu tinggi," kata Alex Rotter, co-chaiman balai lelang Christie's untuk karya seni kontemporer dan pasca perang kepada AFP.

"Saya seorang penggemar berat karya-karyanya," lanjut Rotter. "Saya berharap dia bahagia dan senang, namun dirinya adalah seniman, dia tidak butuh kami untuk membuktikan dirinya hebat. Dia tahu itu,"

Balai lelang Christie's mengaku sebelumnya mereka memang sudah mengira harga lukisan itu akan melewati angka US$80 juta. Rotter menyebut lukisan tersebut sebagai salah satu mahakarya di era modern.

"Tentu saja!" kata Rotter ketika ditanya apakah harga US$90 juta yang digapai lukisan gambar kolam renang itu merupakan nilai yang sepadan.

[Gambas:Instagram]

"Kami bukan satu-satunya yang mengejar lukisan ini," katanya. "ini adalah trofi karya salah satu seniman terbesar yang masih hidup saat ini,"

David Hockney merupakan seniman asal Inggris yang kini berusia 81 tahun. Dirinya dianggap sebagai pemberi pengaruh utama perkembangan seni pop di dekade 1960-an, dan disebut sebagai seniman Inggris paling berpengaruh di abad ke-20.

Kolam renang sendiri disebut telah lama menarik imajinasi seorang Hockney.

Dalam lukisan Potrait of an Artist (Pool with Two Figures) tersebut, terdapat seorang pria berpakaian yang berdiri di tepi kolam renang, memandang termenung pada sosok lain yang berenang ke arahnya. (end)