Pemakaman Tertutup Jadi Keinginan Terakhir Stan Lee

CNN Indonesia | Sabtu, 17/11/2018 17:25 WIB
Pemakaman Tertutup Jadi Keinginan Terakhir Stan Lee Stan Lee dimakamkan secara tertutup oleh keluarga empat hari setelah kepergiannya pada awal pekan ini. (Reuters/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- 'Bapak' Marvel, Stan Lee tutup usia awal pekan ini pada Senin (12/11). Empat hari setelah kepergian kreator komik legendaris ini, pihak keluarga menyelenggarakan pemakaman secara tertutup.

Dalam sebuah pernyataan resmi, POW! Entertainment mengatakan bahwa pemakaman tertutup ini merupakan keinginan terakhir Lee.

Pihak POW! Entertainment pun mengakui bahwa banyak yang merasa kehilangan sosok Stan Lee. Sebagian dari mereka pun menanyakan apakah akan diselenggarakan acara penghormatan khusus untuknya.



"Stan selalu bersikeras bahwa ia tidak ingin acara pemakaman yang terpublikasi secara besar-besaran dan keluarganya pun mengatur sebuah acara pemakaman tertutup berdasarkan keinginan terkahirnya. Doa kita selalu beserta mereka," tulis mereka dalam pernyataan resmi yang dikutip People, Sabtu (16/11).

Sementara itu untuk mereka yang ingin melakukan penghormatan dapat menuliskan pesan untuk Lee pada 'tembok kenangan' yang ada di laman resmi milik Lee.

Lee meninggal di usia 95 tahun. Waktu kematiannya belum genap setahun setelah sang istri meninggal pada Juli 2017. Lee pun melanjutkan hidup bersama puteri semata wayangnya, Joan Celia 'J.C.' Lee.


Duka mendalam diungkapkan berbagai pihak baik dari para penggemar Marvel serta para awak Avangers. Enam tokoh Avangers Captain America, Black Widow, Iron Man, Hulk, Hawkeye dan Thor memilih menuliskan obituari kepergian sang 'ayah' di majalah Hollywood Reporter.

"Stan, kami mencintaimu, kami pasti merindukanmu, kami merasa beruntung menjadi bagian kecil dari warisanmu yang luar biasa," tulis mereka.

Sepeninggalan Lee, sang puteri, JC baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka masih memiliki proyek yang dikerjakan bersama. Ia berkata sedang mengerjakan karakter bernama 'Dirt Man'.

"Malaikat kecil terakhir yang kami pasang adalah Dirt Man. Saya berkata padanya (Stan Lee), 'Ayah, saya mohon, jangan berisik, jangan ada baja atau apapun. Mari membuatnya biasa saja dan kotor. Mari lakukan apa yang diperlukan tentang cinta. Mari buat Dirt Man'," lanjut J.C. (stu)