Mariah Carey Ungkap Alasan Fan Buat Album Lawasnya Jadi Juara

CNN Indonesia | Senin, 19/11/2018 11:38 WIB
Mariah Carey Ungkap Alasan Fan Buat Album Lawasnya Jadi Juara Mariah Carey mengisahkan alasan mengapa para penggemar membuat album 'Glitter' (2001) yang flop kembali masuk tangga album bahkan jadi jawara. (Kevin Winter/Getty Images for iHeartMedia/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mariah Carey masih tak bisa percaya bahwa album Glitter yang dia buat pada 2001 silam, dan dikenal sebagai album yang flop, bisa masuk tangga album serta jadi jawara.

Ketidakpercayaan Carey tersebut tampak ketika menjadi bintang tamu dalam acara The Tonight Show starring Jimmy Fallon yang rilis pada 16 November 2018.

Dalam perbincangan tersebut, Carey memperkenalkan album terbarunya, Caution yang rilis pada Jumat (16/11). Namun Fallon juga menyinggung fenomena kemunculan kembali Glitter ke tangga album berkat kampanye #JusticeForGlitter.


"Itu mengacaukan hidup saya," seloroh Carey ketika Fallon mengumumkan kemampuan album tersebut masuk lagi ke tangga lagu. "Tagar #JusticeForGlitter, itu kampanye, para Lambily [fan Mariah Carey],"


Fallon kemudian bertanya kepada Carey mengapa album tersebut bisa kembali masuk bahkan menjadi jawara tangga album.

"Karena Lambily ada di belakangnya," kata Carey seolah masih tak percaya. Dia pun menjelaskan target dari kampanye tersebut.

"Sebenarnya [kampanye] itu diarahkan kepada saya, karena saya tidak pernah melakukan [menyanyikan] lagu [album Glitter di konser]," kata Carey. "Itu album tema, sebenarnya,"

Fallon kemudian menyinggung alasan Carey tak pernah menyanyikan lagu tersebut dalam konser atau penampilannya.

"Waktu itu sulit," kata Carey merujuk beragam kegagalan yang muncul usai album untuk film bertajuk sama itu rilis pada 11 September 2001, bertepatan dengan aksi teror di World Trade Center di New York.


Film dan album Glitter menuai kegagalan baik di mata kritikus maupun pasar. Bahkan album ini disebut sebagai karya Carey terburuk dalam sejarah kariernya. Sehingga wajar, Carey tak mencantumkan album itu dalam katalog di berbagai layanan streaming.

Ditambah, kala itu disebut Carey mengalami berbagai masalah hidup. Saat itu, Carey bahkan sempat dibawa ke rumah sakit karena mengalami kelelahan akut. Ia pun mengaku memiliki gangguan mental bipolar di masa-masa itu.

"Ya tahulah, ketika itu [film] rilis, itu banyak hal. Drama. Saya tak ingin terlibat di dalamnya, bahkan setelahnya. Karena setelahnya saya harus...," kata Carey kemudian terputus.

[Gambas:Youtube]

"Kita harus ubah suasana ini," lanjut Carey memberikan kode bahwa dirinya mulai tak suka mengenang momen tersebut. Namun Fallon meyakinkan Carey untuk tetap melanjutkan dan berpeluang menguasai tangga album dengan dua karya.

"Fakta bahwa Glitter bisa kembali [ke tangga album] itu sesuatu. Siapa yang mengira album itu akan ke nomor satu, setelah bertahun-tahun?" kata Carey kepada Fallon.

"Namun itu sebuah album yang bagus dan penggemar membuat itu terjadi. Saya tak melakukan apa pun. Mereka hanya.. ini sebuah kampanye. Lebih besar dari saya, jauh lebih besar dari saya," lanjut Carey. (end)