Mel B Ungkap Pengalaman Percobaan Bunuh Diri

CNN Indonesia | Senin, 19/11/2018 13:26 WIB
Mel B Ungkap Pengalaman Percobaan Bunuh Diri Mantan personel Spice Girl, Mel B mengungkapkan percobaan bunuh diri yang pernah ia lakukan dalam sebuah memoar yang baru rilis baru-baru ini. (REUTERS/Gus Ruelas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan personel Spice Girl, Mel B mengungkapkan percobaan bunuh diri yang pernah ia lakukan dalam sebuah memoar yang baru rilis baru-baru ini.

Percobaan bunuh diri tersebut dilakukan Mel B pada 2014 lalu. Dalam bukunya, ia mengaku menegak 200 pil Aspirin ketika depresi menghadapi masalah rumah tangganya dengan Stephen Belafonte.

Dalam kutipan memoar yang diterbitkan The Sun, dan dikutip dari ET, Mel mulai menggambarkan betapa dirinya pada suatu malam pulang ke rumah usai menghabiskan waktu bersama Belafonte dan merasa hidupnya kacau dan ingin mengakhirinya.


"Di sini lah saya, 39 tahun, menatap cermin dalam setelan baju mandi di rumah kontrakan saya di Kensington, London, menahan botol aspirin yang terbuka dari simpanan yang telah saya simpan bertahun-tahun, memasukkan satu pil demi pil ke mulut saya," kata Mel B dalam memoarnya.


"Masing-masing pil masuk ke mulut saya. Saya bertanya pada diri saya sendiri: 'Apa saya yakin?' Dan saya mengambil pil lagi. Sepuluh, 20, 50, 100. 'Apa saya yakin?'. Di balik ketenaran yang cemerlang, saya merasa hancur secara emosional, terasing dari keluarga saya," kata Mel B.

"Saya merasa buruk rupa dan dibenci oleh orang yang pernah berjanji untuk mencintai dan melindungi saya, suami sekaligus manajer saya, Stephen," lanjutnya.

Mel B melanjutkan dengan membagikan momen ketika dirinya menulis sebuah catatan untuk anak perempuannya, Phoenix, namun tetap meminum lebih banyak pil.

"120. 'Apa saya yakin?'. 150. 'Apa saya yakin?' 200. 'Sekarang apa yang akan terjadi, Melanie? STOP!. Begitu saya menelan pil terakhir, saya tahu saya tak akan ke mana pun. Melanie! Apa yang kau lakukan? Minta pertolongan!'" tulis Mel B mengungkapkan perasaannya saat itu.

"Bunuh diri bukanlah jawaban. Saya harus menghargai hidup saya. Saya harus ke rumah sakit. Saya harus mengeluarkan pil itu dari perut saya sebelum terjadi sesuatu," kata Mel B.


"Kepala saya berputar. Semua yang saya pikirkan saat itu adalah harus segera keluar dari ruangan namun untuk beberapa waktu saya terdiam," katanya.

Mel B lalu mengatakan dirinya tak bisa mengingat jelas kejadian setelah itu. Namun dia masih merekam dengan jelas ketakutan dan panik yang ia rasakan sekaligus perasaan bingung dengan situasi yang ia hadapi.

Dia mengaku setengah sadar dan berbaring di lantai kamar mandi. Menangis. Dan merasakan amat sedih sehingga ia ingin mengakhiri hidupnya.

Mel B kemudian dibawa ke rumah sakit oleh koleganya, Simon Cowell. Ia mengaku tersadar kemudian di rumah sakit dan sudah dikelilingi oleh dokter dan perawat. Ada putrinya pula saat itu.

"Memandang putri saya yang putus asa, hancur, marah, adalah momen yang saya tahu bahwa saya harus bangkit," kata Mel B, dikutip dari ET.

Mel B mengalami tahun yang berat pada 2017 lalu. Dirinya disebut mengalami kebangkrutan secara finansial, kekerasan pada rumah tangga, dan konflik dengan mantan suaminya, Stephen Belafonte.


Masalah depresi jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu, misalnya saja Into The Light (pendampingan.itl@gmail.com) untuk penduduk Jabodetabek atau Inti Mata Jiwa untuk penduduk Yogyakarta dan sekitarnya (intimatajiwa@gmail.com).
(end)