Fan Ungkap Kejanggalan di Kisah 'Fantastic Beasts 2'

CNN Indonesia | Senin, 19/11/2018 16:43 WIB
Fan Ungkap Kejanggalan di Kisah 'Fantastic Beasts 2' Penggemar fanatik Harry Potter menyadari ada kejanggalan cerita di 'Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald' dan mereka mengungkapkannya di media sosial. (Dok. Warner Bros Pictures via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Artikel berikut mengandung beberan atau spoiler.

Penggemar Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald tampaknya merasa ada yang janggal dalam film tersebut. Mereka menyebut ada sejumlah data yang tak sesuai dengan pemahaman yang selama ini ada.

Salah satunya adalah tentang kemunculan tokoh Profesor Minerva McGonagall. Fan beranggapan, bila merujuk data yang ada, mestinya Fantastic Beasts 2 tak menampilkan Kepala Asrama Gryffindor itu karena belum ada di dunia.


Dalam sebuah adegan di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, Profesor McGonagall muda yang diperankan oleh Fiona Glascott muncul setidaknya dua kali.

Pertama, ketika ada orang Kementerian Sihir Inggris memaksa masuk ke kelas Profesor Albus Dumbledore, dan yang kedua ketika menangani ulah Leta Lestrange muda yang diperankan oleh Thea Lamb.


Kemunculan Profesor McGonagall yang sudah membantu Dumbledore tersebut terasa ganjil mengingat latar kisah Fantastic Beasts adalah di periode 1920-an, tepatnya 1927.

Masalahnya, menurut pemahaman fan yang dirangkum dan diamini banyak laman fandom, Profesor McGonagall lahir pada 1935.

Pemahaman Profesor McGonagall lahir pada 1935 disebut berdasarkan penghitungan biografi dirinya di laman Pottermore yang dibuat JK Rowling, dan Bab 15 novel Harry Potter and the Order of the Phoenix yang menyebut ahli Transfigurasi itu masuk bekerja untuk Hogwarts pada Desember 1956.

Sebelum masuk Hogwarts, dalam novel itu, McGonagall disebut bekerja untuk Kementerian Sihir Inggris selama dua tahun begitu lulus dari sekolah. Sehingga, tahun kelulusannya adalah 1954, dan tahun pertamanya adalah pada 1947.


Seperti yang diketahui banyak fan, usia penyihir muda masuk Hogwarts adalah 11 tahun. Di sisi lain, dalam bagian buku yang lain disebutkan ulang tahunnya adalah pada Oktober sehingga Minerva mulai belajar di Hogwarts pada usia 12 tahun.

Atas ketidakcocokan data salah satu tokoh penting dalam kehidupan Harry Potter tersebut, banyak fan mengungkapkan protesnya di media sosial.

"Fantastic Beasts 2 berlatar pada 1927, dan memiliki Minerva McGonagall di usia 20-an mengajar di Hogwarts. Namun menurut Pottermore, Profesor McGonagall adalah lahir pada 4 Oktober 1935. [Film itu] membuatnya jadi Profesor berusia -8 tahun. Keren." kata akun bernama rohitak.



"Profesor McGonagall muncul di Crimes of Grindelwald delapan tahun sebelum kelahirannya? Apa yang terjadi? Kesalahan atau plot twist?" kata akun MBocort sembari bertanya kepada JK Rowling.





"Ini membunuh saya. Saya butuh jawaban atas pertanyaan soal McGonagall. Saya merasa JK Rowling tak akan membuat kesalahan fatal. Bagaimana ada Minerva ketika dia belum lahir hingga dekade '30-an? Atau ini hanya perkiraan fan?" kata akun JessickuhHart.





Bukan hanya itu, kejanggalan juga disebut Indy100 terdapat dalam serialnya. Dalam seri asli dicantumkan Profesor McGonagall mulai mengajar di Hogwarts pada 1985.

Padahal, Profesor McGonagall merupakan guru dari orang tua Harry Potter. Potter sendiri baru lahir pada 1981. Sehingga, asumsi sesuai yang paling bisa diterima adalah McGonagall lahir di dekade '30-an.

Sejumlah netizen kemudian membuat teori lain bahwa "Minerva" yang disebut Dumbledore dalam Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald adalah ibu dari Profesor McGonagall. Namun hal ini dibantah karena ibu dari McGonagall aslinya bernama Isobel yang tidak pernah mengajar di Hogwarts.

Hingga saat ini, JK Rowling belum memberikan tanggapan baik dalam kicauan atau pun di laman resminya terkait pertanyaan yang menggantung di benak penggemar.

[Gambas:Youtube] (end)