Aksi Diam Yesung demi Debut Super Junior

Tim, CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 09:42 WIB
Aksi Diam Yesung demi Debut Super Junior Seorang member Super Junior mengungkapkan kisahnya kala menjalani masa trainee. (Foto: dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Member boyband Super Junior Yesung muncul sebagai tamu tak terduga dalam acara Under 19, 24 November kemarin.

Dalam program tersebut, tak hanya memberi semangat para peserta, Yesung juga menceritakan hari-harinya kala menjalani proses trainee sebelum resmi menjadi member SuJu.

"Pertama kali bergabung dengan agensi, waktu itu ada sekitar 80 orang trainee laki-laki," kata Yesung mengingat.


"Saya sangat gugup, karena saya bisa tereliminasi kapan saja. Ada 12 orang yang terpilih untuk debut, dan saya rela memberikan apa saja untuk menjadi salah satu dari 12 orang itu," lanjutnya.


Karena kegugupan dan tekanan kondisi saat itu, Yesung mengakui dirinya sampai tak berbicara sepatah kata pun dengan member lain.

"Saya tidak mengatakan apa pun kepada siapapun selama beberapa bulan. Saya pikir mereka adalah kompetitor. Saya tak bisa tertawa dan mengobrol, karena posisi saya saat itu sangat tak pasti dan genting," ungkap pria yang juga terlibat dalam film My Korean Teacher tersebut.

Hadir sebagai kejutan dalam program Under 19, Yesung sempat mengajarkan sedikit pelatihan vokal dan tari kepada para peserta audisi. Dia pun memberi beberapa kritik pada mereka yang dinilainya kurang bersemangat.

"Hanya orang-orang yang sangat menginginkannya yang akan mendapatkan debut. Dan dari apa yang saya lihat, kamu tidak merasakan keinginan itu," ujarnya kepada salah satu peserta.


"Sepertinya kamu berpikir, 'saya bisa melakukan debut dengan cara lain'. Industri ini tidak semudah itu. Fokuskan hidupmu pada hal itu. Untuk mendapat debut, kamu harus bersungguh-sungguh melakukannya," ucap Yesung.

Kim Jong-woon, atau dikenal dengan nama panggung Yesung, memulai debutnya pada 2005 sebagai member Super Junior. Dirinya juga turut dalam Super Junior-K.R.Y, Super Junior-H, serta berpartisipasi dalam proyek S.M. The Ballad (2014).

Pada 2016, Yesung memulai solo kariernya dengan mini album perdana Here I Am yang berisi tujuh lagu. Setahun kemudian, ia merilis Spring Falling yang masih berformat mini album.

[Gambas:Youtube] (rea)