Hannah Al Rashid Ajak Publik Lawan Predator Seksual

Tim, CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 18:46 WIB
Hannah Al Rashid Ajak Publik Lawan Predator Seksual Aktris Hannah Al Rashid mengajak masyarakat untuk berani melawan pelecehan seksual. (Foto: Detikcom/Noel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris Hannah Al Rashid tidak pernah lupa jika dirinya pernah dilecehkan oleh dua orang laki-laki yang mengendarai motor. Kala itu, di malam hari, ia sedang berjalan menuju tempat indekos dan dua orang yang naik motor memegang dadanya.

"Spontan saya langsung teriak sambil kejar mereka. Bapak-bapak di pos deket situ ngelihat aja dan nggak bantuin sama sekali," tulis Hannah dalam email yang disebarkan Change.org.

Setelah kejadian itu, Hannah sadar motor yang dikendarai laki-laki itu masih mengikuti. Mereka berusaha melecehkan Hannah untuk kali kedua, beruntung ia lebih siap dan menangkap tangan laki-laki tersebut.



"Tapi karena mereka naik motor, mereka bisa cepat kaburnya. Saya itu orangnya fighter banget. Tapi tetap trauma selama berbulan-bulan," lanjut aktris The Night Comes For Us itu.

Hannah sempat menceritakan kejadian itu para kerabat dekat. Alih-alih, mereka malah memberikan pernyataan yang cenderung menyalahkan dirinya. Seperti, "Makanya lain kali jangan jalan sendirian malam-malam" atau "Kamu pakai baju apa emang?".

Menurut Hannah, victim blaming dan rape culture masih kuat di masyarakat Indonesia. Meski sempat ragu untuk berbicara ke publik, namun ia sadar bahwa berbicara merupakan hal yang penting.


Lewat pengelaman yang ia ceritakan, aktris berusia 32 tahun ini ingin mengajak publik peduli terhadap kasus pelecehan seksual. Kepedulian bisa dituangkan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan di situs change.org/lawanpelecehan.

Ajakan itu juga ia sampaikan lewat akun instagram pribadi. Dalam waktu 24 jam terakhir Hannah mengunggah dua foto dan satu video.

[Gambas:Instagram] (adp/rea)