Duka Pesohor atas Kepergian Kreator 'SpongeBob SquarePants'

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 28/11/2018 14:56 WIB
Duka Pesohor atas Kepergian Kreator 'SpongeBob SquarePants' Perjuangan Stephen Hillenburg, kreator SpongeBob SquarePants melawan ALS akhirnya harus berhenti. (Foto: REUTERS/Luis Enrique Ascui)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepergian kreator SpongeBob SquarePants, Stephen Hillenburg turut meninggalkan duka cita yang mendalam bagi sejumlah pesohor dunia. Salah satunya yakni David Hasselhoff yang membintangi dirinya sendiri dalam The SpongeBob Movie (2004).

"Wow, karakter unik dan fantastis yang Steve ciptakan! Ini adalah kesenangan dan kehormatan saya untuk berada di 'SpongeBob The Movie' dan berbagi beberapa tawa yang hebat dengan pria ini," kenangnya melalui unggahan di Twitter.

Dia pun menambahkan bahwa sejak terlibat di film SpongeBob dirinya merasakan pengaruh yang begitu besar.


"Sampai hari ini saya ditemui dan disanjung oleh orang-orang dan anak-anak yang telah menyaksikan saya di film," tambahnya.




Aktris Busy Phillipps pun ikut berduka dan membagikan kisah betapa berpengaruhnya animasi ciptaan Hillenburg terhadap keluarganya.

"SpongeBob telah membawa banyak kesenangan dan memberi anak saya Cricket selera humor yang aneh juga gila. Terima kasih Tuan Hillenburg dan beristirahatlah dalam damai," tulisnya di Twitter.



Demikian pula dengan komedian, penulis dan aktor Ernest Prakasa yang menyampaikan dukacita dengan sebuah unggahan pendek.




Hillenburg meninggal dunia pada awal pekan ini karena mengidap ALS atau penyakit neuron motorik degeneratif. Nickelodeon dan perwakilan dari keluarga telah mengonfirmasi kabar itu lewat pernyataan resminya.

"Kami sedih untuk membagikan kabar meninggalnya Stephen Hillenburg, kreator SpongeBob SquarePants," demikian tulis akun resmi Nickelodeon pada Selasa (27/11) malam.

"Hari ini, kami mengheningkan cipta untuk memberikan penghormatan pada hidup dan kinerjanya," tambahnya lebih lanjut.



Hillenburg mengungkapkan dirinya didiagnosa ALS pada 2017 dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia tetap mengerjakan SpongeBob yang mana diperbarui hingga 2019.

SpongeBob SquarePants takkan sama lagi.Foto: Dok. SpongeBob SquarePants via Facebook
SpongeBob SquarePants takkan sama lagi.

"Saya ingin orang-orang mendengar langsung dari saya bahwa saya telah didiagnosa dengan ALS," katanya, dikutip dari USA Today.

"Siapapun yang mengenal saya, tahu bahwa saya akan lanjut mengerjakan SpongeBob SquarePants dan keinginan saya lainnya selama saya bisa. Keluarga dan saya sangat bersyukur dengan banyaknya cinta dan dukungan," tambahnya.

SpongeBob merupakan salah satu animasi terbesar Nickelodeon sepanjang masa dan telah tayang hampir dua dekade sejak 1 Mei 1999 dan membawa karakter seperti SpongeBob, Patrick, Squidward, Mr. Krabs, Sandy Cheeks, Plankton, Pearl Krabs, Mrs. Puff dan Larry the Lobster.

Sejumlah bintang kenamaan bahkan telah terlibat untuk mengisi beberapa karakter selama bertahun-tahun. Di antaranya Amy Poehler, Johnny Depp, LeBron James, Tina Fey, Will Ferrel, Kristin Wiig, Mark Hamill, Betty White, dan Jon Hanm. (agn/rea)