Duka Para Pesohor Atas Meninggalnya George HW Bush

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 01/12/2018 17:45 WIB
Duka Para Pesohor Atas Meninggalnya George HW Bush George H.W. Bush meninggal di usia 94 tahun. (Foto: Photo by Mandel NGAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika ke-41, George Herbert Walker Bush, meninggal dunia pada Jumat (30/11), di usia 94 tahun.

Sebagai seorang presiden yang berani mengambil keputusan memerintahkan militer AS mengusir tentara Irak dari Kuwait, kepergian Bush ini tak ayal membuat para pesohor Amerika merasa kehilangan.

Banyak dari antara mereka yang menyampaikan dukacita melalui akun Twitter masing-masing, seperti yang dilakukan Arnold Schwarzenegger, aktor yang juga pernah menjadi Gubernur California, serta aktris Alyssa Milano dan pembawa acara Ellen DeGeneres.




Milano memilih mengutip perkataan populer Bush, "Kita adalah persatuan dari berbagai komunitas... Perbedaan brilian yang ada tersebar seperti bintang, seperti titik-titik lampu di langit yang tenang," tulisnya.

Sementara DeGeneres menulis twit sentimentil terkait pengalaman pribadinya dengan mendiang Bush dan mantan presiden Bill Clinton. "Saya tidak akan pernah melupakah George H.W. Bush dan Presiden Clinton menemui saya di kampung halaman New Orleans untuk mendukung dan mengumpulkan donasi setelah Badai Katrina. Saya mengirimkan cinta untuk keluarga mereka [Bush] malam ini," cuitnya.

Mantan presiden Barack Obama dan Donald Trump selaku Presiden Amerika saat ini pun menyampaikan sebuah pernyataan resmi.

"Amerika kehilangan seorang patriot dan pelayan rendah hati yang ada di dalam diri George Herbert Walker Bush. Meskipun hati kita bersedih hari ini, kita juga dipenuhi rasa terima kasih. Kami memikirkan seluruh keluarga Bush malam ini, dan semua yang terinspirasi oleh contoh yang diberikan George dan Barbara," ujar Obama, menyinggung pernikahan Bush dan istrinya.



Dalam pernyataan resmi, Trump menyebut bahwa Bush kerap menerapkan standar tinggi dalam kehidupan pribadi dan menjadi inspirasi bagi generasi di bawahnya. Dengan segala pencapaian Bush, ayah dari presiden Amerika ke-43, George Bush ini tetap diingat sebagai seorang yang sederhana dan selalu mencintai keluarga.

"Contoh yang telah diberikannya [Bush] akan tetap hidup, dan tetap menggerakkan masa depan Amerika untuk mengejar kehidupan yang lebih baik. Hati kita sakit karena kepergiannya, dan kami, bersama rakyat Amerika lainnya, mengirim doa untuk seluruh keluarga Bush seiring dengan penghormatan terhadap kehidupan dan warisan presiden ke-41," tutur Trump.

George HW Bush diketahui sempat beberapa kali masuk dan keluar rumah sakit karena infeksi, dan kondisinya terus menurun sejak saat itu. Sang istri, Barbara, meninggal dunia pada 17 April silam.

Bush dan istrinya menikah dan berbahagia bersama enam anak selama 73 tahun. Dua dari anak-anak tersebut mengikuti jejak sang ayah sebagai politikus. (rea)