Garin Nugroho Tulis Lirik Lagu Tema 'Kucumbu Tubuh Indahku'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 09:33 WIB
Garin Nugroho Tulis Lirik Lagu Tema 'Kucumbu Tubuh Indahku' Mondo Gascaro menulis 'Dari Seberang' bersama Garin Nugroho. (Foto: Dok. Mondo Gascaro)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi Mondo Gascaro merilis album bertajuk Kucumbu Tubuh Indahku yang berisikan lagu-lagu tema film Kucumbu Tubuh Indahku. Album itu sempat keluar dengan format digital pada 30 November lalu dan dirilis kembali dalam format cakram padat atau compact disc (CD) hari ini.

Bukan hanya berisikan lagu, album tersebut juga berisikan musik skor film yang disutradarai Garin Nugroho ini. Total ada 11 lagu yang terdiri dari lima musik skor dan enam lagu, empat di antaranya merupakan lagu lama karya musisi Indonesia yang dinyanyikan ulang oleh sejumlah musisi.

Lagu Hanya Semalam (Ismail Marzuki) dinyanyikan Endah Laras, Rindu Lukisan (Ismail Marzuki) dinyanyikan Tilly Haryanto, Apatis (dipopulerkan Benny Subardja) dinyanyikan Mondo dan Bimbang Tanpa Pegangan (Sjaiful Bachri) dinyanyikan Danilla.



"Pertama kali Mas Garin menceritakan tentang film ini dan konsep musik yang dibayangkan, beliau bilang ingin menggunakan lagu dan musik sebagai penanda jaman yang membuka ruang memori dan sejarah kita," kata Mondo dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com.

Kemudian dua lagu Into the Clouds, Out of the Ocean dan Apatis dinyanyikan sendiri oleh Mondo. Ia juga menulis lagu Dari Seberang bersama Garin.

"Karya-karya Mondo selalu mengandung dua aspek: memori pada Indonesia lama dan hari ini. Maka sangat tepat untuk film ini. Pada sisi lain, karya Mondo juga mengedepankan kesederhanaan dan kemampuan mengelola perasaan atas pilihan aransemennya," kata Garin.

[Gambas:Youtube]


Film Kucumbu Tubuh Indahku bercerita tentang kehidupan seorang penari tradisional lengger bernama Juno. Garin mengaku terinspirasi oleh Rianto, mantan penari lengger yang menjajak level kaliber internasional dan menetap di Tokyo.

Kucumbu Tubuh Indahku meraih beberapa penghargaan, di antaranya adalah penghargaan sebagai film terbaik di 3 Continent Film Festival di Nantes (Prancis) dan Cultural Diversity Award under the patronage of UNESCO pada perhelatan Asia Pasific Screen Awards ke-12 di Brisbane, Australia.

Selain itu, film tersebut juga malang-melintang di berbagai festival film internasional. Yaitu Le Bienalle Venice Film Festival, Busan International Film Festival, Adeleide Film Festival, Singapore International Film Festival.

Kucumbu Tubuh Indahku tayang perdana di Indonesia hari ini dalam acara Jogja-NETPAC Film Festival 2018. Tahun ini merupakan kali ke-13 Jogja-NETPAC Film Festival digelar. (adp/rea)