Scientology Disebut Punya Tugas Cari Pacar untuk Tom Cruise

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 07:18 WIB
Scientology Disebut Punya Tugas Cari Pacar untuk Tom Cruise Seorang mantan anggota Scientology mengakui dirinya bertugas mencarikan pacar untuk anggota terkenal sekte tersebut, Tom Cruise. (REUTERS/Ginnette Riquelme)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tom Cruise telah lama diketahui tergabung menjadi anggota kelompok Scientology. Kini, salah seorang mantan kelompok tersebut membongkar perannya di salah satu gereja misterius yang merekrut banyak pesohor Hollywood itu.

Valerie Haney, mantan anggota Gereja Scientology membeberkan kisah pelariannya dari kelompok tersebut dalam acara Leah Remini: Scientology and the Aftermath yang rilis akhir pekan lalu.

Dalam perbincangan tersebut, Haney yang diketahui terlibat dalam kelompok elite kelompok itu, Sea Org, selama 22 tahun ikut juga membahas soal sosok paling terkenal di Scientology, Tom Cruise.



"Tom Cruise memuja David Miscavige selayaknya [memuja] dewa," kata Haney yang menyinggung hubungan antara Cruise dengan pemimpin Scientology, David Miscavige.

"Mereka saling memuja satu sama lain," lanjutnya.

Haney juga mengatakan bahwa dirinya ditugaskan khusus oleh Scientology, yaitu mengadakan program untuk mengaudisi para wanita untuk menjadi kekasih Tom Cruise.

"Itu benar terjadi," katanya.

Rumor audisi untuk mencari kekasih untuk Tom Cruise sudah beredar selama bertahun-tahun. Dan disebutkan, mantan istri Cruise, Katie Holmes 'memenangkan' audisi tersebut.


Hollywood Reporter menyebut hubungan antara Cruise dengan Miscavige cukup terdokumentasi dengan baik.

Mantan anggota Scientology lainnya, Marc Headley yang lama bekerja dengan Miscavige selama 15 tahun menyebut hubungan keduanya sebagai "paling intens, bromance kelas kakap dalam sejarah."

Haney sempat menjelaskan hal tersebut pada 2004. Miscavige pernah mengadakan sebuah pesta ulang tahun untuk Cruise di luar negeri menggunakan kapal pesiar milik Scientology.

Di acara tersebut, Haney mengatakan Miscavige telah 'merendahkan' istrinya, Shelly, di depan para petinggi Scientology. Shelly kemudian tak pernah terlihat di muka publik sejak 2007, dan pada 2013, sebuah laporan orang hilang atas namanya diajukan ke polisi.

[Gambas:Instagram]

Menurut Haney, Shelly tak suka dengan hubungan 'bromance' antara Cruise dan Miscavige. Selain itu, perlakuan para petinggi Scientology juga membuatnya sakit hati.

"Shelly kesal sepanjang waktu," kata Haney. "David ngamuk setiap hari dan dirinya tak punya apa pun bagi Shelly. Sehingga, Shelly terus menangis sepanjang waktu,"

Hollywood Reporter melaporkan, bahwa pihak Scientology membantah pernyataan Shelly melalui sebuah pernyataan kepada Fox News pada Minggu.

"Gereja Scientology menyatakan bahwa Valerie Haney telah berbohong dan mengarang cerita, sebagai bagian pekerjaannya dengan Leah Remini," kata pernyataan Scientology yang juga mengunggah sebuah video bertajuk 'Valerie Haney: Leah Ramini's Paid Liar'. (end)