Video Kylie Jenner-Stormi yang 'Terlaris' di YouTube 2018

CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 06:02 WIB
Video Kylie Jenner-Stormi yang 'Terlaris' di YouTube 2018 Video Kylie Jenner menjadi topik terpopuler di YouTube sepanjang 2018. (Foto: Jamie McCarthy/Getty Images for New York Fashion Week/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang televisi Amerika Serikat Kylie Jenner berhasil menyedot perhatian warganet dengan kelahiran anak pertamanya, Stormi Webster.

Hal itu terbukti karena mini dokumenternya didapuk menjadi video YouTube paling trending sepanjang 2018.

Video pengungkapan kehamilan Jenner yang dirahasiakan sebelumnya itu sontak ditonton 53juta kali dalam satu minggu. Bahkan per hari ini, video kekasih rapper Travis Scott ini sudah disaksikan 76juta kali.


Kepala Budaya dan Tren YouTube, Kevin Allocca, berpendapat kalau di balik tingginya angka pemutaran video itu terdapat warisan klan Kardashian.

"Dia tentu saja merupakan bagian dari budaya selebriti tradisional, tetapi koneksi utama kepada penggemarnya melalui dunia maya," sebut Allocca.


Menyusul Jenner, video putus cinta pasangan YouTuber termahsyur Liza Koshy dengan kekasihnya David Dobrik menduduki posisi kedua dengan 46juta klik.

Pasangan yang berpisah usai dua tahun menjalin kasih ini mengunggah video berjudul 'We Broke Up' di kanal milik Dobrik, kala mengabarkan kandasnya perjalanan cinta mereka.

Video itu mencapai 14juta penayangan dalam kurun 24 jam pertama dan menempati peringkat ketiga video YouTube yang sedang tren pada Juni.

Alloca menjelaskan Koshy dan Dobrik begitu populer karena dianggap sebagai versi YouTube dari pasangan selebritas Hollywood Brad Pitt-Angelina Jolie 'Brangelina'.

Di sisi lain, Koshy punya 16juta pelanggan dalam kanalnya, sementara Dobrik diikuti oleh 9,9juta penggemar dalam saluran YouTubenya.


Maka, tak heran jika kabar perpisahannya dengan cepat memacu simpati dari masyarakat daring.

Di samping kedua video yang berisikan kehidupan privat para bintangnya, tantangan tari 'In My Feelings' masuk dalam sepuluh besar video paling tren di YouTube.

Tarian yang terinspirasi oleh lagu Drake itu dengan cepat melejit dalam hitungan detik dan menjadi viral di media sosial.

Berkaca secara keseluruhan, Alloca melihat fenomena tren di YouTube sebagai potret selebritas modern dari kalangan media mainstream.

"Video terpopuler di YouTube pada 2018 benar-benar adalah potret selebriti modern. (Video YouTube) Ini didominasi oleh para pembuat konten YouTube yang memiliki khalayak masif dan membuat video terbesar tahun ini," ungkap Alloca. (tsy/rea)