Abu Pencipta 'Spongebob SquarePants' Telah Ditebar ke Laut

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Sabtu, 08/12/2018 11:39 WIB
Abu Pencipta 'Spongebob SquarePants' Telah Ditebar ke Laut Abu mendiang pencinta karakter 'Spongebob SquarePants', Stephen Hillenburg yang meninggal pada 26 November lalu dikabarkan telah ditebar ke laut. (REUTERS/Luis Enrique Ascui)
Jakarta, CNN Indonesia -- Abu mendiang pencinta karakter Spongebob SquarePants, Stephen Hillenburg yang meninggal pada 26 November lalu telah ditebar ke laut.

Dilansir dari Entertainment Weekly, berdasarkan dokumen kematian Hillenburg yang dirilis oleh TMZ menunjukkan bahwa abu seniman tersebut telah ditebar di pesisir California usai kremasi.

Dokumen tersebut juga mengonfirmasi bahwa penyebab kematian Hillenburg adalah penyakit motor neuron, amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang telah dideritanya sejak Maret 2017 lalu.


Berita kematian Hillenburg sebelumnya dikonfirmasi oleh Nickelodeon yang telah menyiarkan serial kartun populer tersebut sejak 1999 silam.


"Dengan rasa sedih kami memberikan kabar duka tentang meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants," tulis Nickelodeon dalam unggahan Twitter-nya, Selasa (27/11).

"Hari ini kami sedang memperingati momen hening untuk menghormati kehidupan dan pekerjaannya."



Sejak diputar pada tahun 1999, serial kartun SpongeBob SquarePants telah hadir dalam lebih dari 200 episode.

Sosok SpongeBob, digambarkan Hillenburg sebagai sosok ceria yang banyak bicara dan dengan senang hati selalu membantu orang-orang di sekelilingnya.

"Steve menggambarkan SpongeBob dengan rasa humor dan kepolosan yang unik. Sosok ini selalu diingat oleh semua anak-anak di dunia," ujar Nickelodeon.


Karakter SpongeBob yang natural dan dunia Bikini Bottom yang penuh dengan petualangan, ujar mereka, akan selalu menjadi pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas.

Hillenburg juga diketahui pernah menulis, memproduksi, dan menyutradari film The SpongeBob SquarePants pada tahun 2004 dan berhasil menghasilkan US$140 juta dari penayangannya di seluruh dunia.

Pada awal 2018, Hillenburg mendapatkan kehormatan khusus dalam Emmy Awards atas kontribusinya di bidang animasi dan industri penyiaran. (end)