Polling: 'Marlina' Dijagokan Raih Film Terbaik Piala Citra

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 15:57 WIB
Polling: 'Marlina' Dijagokan Raih Film Terbaik Piala Citra Poster film 'Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak'. (Foto: Dok. Cinesurya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malam puncak penganugerahan Festival Film Indonesia 2018 akan dilangsungkan pada Minggu (9/12) malam di Teater Besar Taman Ismail Marzuki Jakarta. Lebih dari 20 judul film bersaing memperebutkan Piala Citra, tapi hanya ada satu film yang akan memenangkan titel paling bergengsi yaitu Film Terbaik.

Ada empat judul film yang menjadi nomine kategori Film Terbaik FFI 2018, yakni Aruna & Lidahnya, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, Sekala Niskala, dan Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta.

Meski penentuan pemenang ada di tangan para juri, tetapi para pecinta film serta netizen memiliki jagoannya sendiri.


CNNIndonesia.com mencoba menjaring suara warganet akan nomine Film Terbaik yang difavoritkan membawa pulang Piala Citra tahun ini untuk kategori tersebut. Melalui jajak pendapat di Twitter pada Kamis (6/12), terkumpul 143 suara yang telah memberikan pendapat mereka soal film yang dijagokan membawa Piala Citra kategori Film Terbaik.


Berdasarkan hasil jajak pendapat, film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak karya Mouly Surya mendapatkan dukungan paling banyak dengan perolehan 41 persen.



Film ini mengisahkan tentang seorang janda di Sumba, Marlina, yang diperankan oleh Marsha Timothy.

Suatu hari di sebuah padang sabana Sumba, Indonesia, sekawanan perampok mendatangi rumah Marlina. Mereka mengancam nyawa, harta dan juga kehormatan Marlina di hadapan suaminya yang sudah berbentuk mumi, duduk di pojok ruangan.

Lewat ide cerita dari sineas senior Indonesia Garin Nugroho, Mouly membalut cerita Marlina dengan kultur masyarakat Sumba yang kental. Film fiksi itu dipoles lagi ala genre Western.

[Gambas:Instagram]

Pada posisi kedua yang menjadi favorit para pembaca CNNIndonesia.com untuk membawa pulang Piala Citra kategori Film Terbaik adalah Aruna & Lidahnya karya peraih Sutradara Terbaik FFI tahun lalu untuk film Posesif, Edwin.

Polling: 'Marlina' jadi 'Jagoan' Film Terbaik FFI 2018Dian Sastrowardoyo sebagai Aruna dalam 'Aruna & Lidahnya'. (dok. Palari Films/CJ Entertainment)

Film yang diperankan Dian Sastrowardoyo sebagai Aruna, Nicholas Saputra sebagai Bono, Oka Antara sebagai Faris, serta Hannah Al Rashid sebagai Nad ituini mendapatkan suara dukungan sebesar 29 persen.

[Gambas:Instagram]

Di posisi ketiga, ada film garapan Hanung Bramantyo Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta dengan 21 persen suara dan diikuti Sekala Niskala karya Kamila Andini dengan sembilan persen suara.

[Gambas:Instagram]

Secara keseluruhan, keempat film yang mengisi kategori nominasi Film Terbaik ini masuk ke dalam lima besar peraih nominasi terbanyak FFI 2018. Film Marlina yang dijagokan pembaca CNNIndonesia.com sebagai Film Terbaik meraih nominasi terbanyak dengan jumlah 15 nominasi untuk 14 kategori.

Selain sebagai nomine Film Terbaik, film yang dipilih mewakili Indonesia di laga Oscar ini turut menjadi nomine untuk Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pemeran Wanita Utama Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Polling: 'Marlina' jadi 'Jagoan' Film Terbaik FFI 2018Marlina dalam 'Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak' seorang diri memperjuangkan hidupnya. (dok. Cinesurya)

Sementara Aruna & Lidahnya menyusul di posisi kedua dengan 9 nominasi untuk 9 kategori. Itu termasuk Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Wanita Utama Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Dengan jumlah sama, film Sekala Niskala juga mengantongi 9 nominasi termasuk Sutradara Terbaik, Pemeran Anak Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, dan Penulis Skenario Asli Terbaik.

Sedangkan, Sultan Agung berada di posisi kelima untuk raihan nominasi terbanyak FFI 2018 dengan 7 nominasi, selisih satu dengan Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 yang mendapat 8 Nominasi. (agn/rea)