FFI Hapus Kategori Pemeran Anak Terbaik Mulai Tahun Depan

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 21:24 WIB
FFI Hapus Kategori Pemeran Anak Terbaik Mulai Tahun Depan Adegan dalam film 'Sekala Niskala'. (Foto: Dok. Treewater Productions via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Koordinator Komite Pemilihan dan Penilaian Festival Film Indonesia (FFI) Ria Irawan mengungkapkan bahwa kategori Pemeran Anak Terbaik bakal dihapus pada penyelenggaraan tahun depan. Menurutnya, penghapusan ini demi penyetaraan pada bidang keaktoran.

"Kategori Pemeran Anak ditiadakan, karena harus adil aktor ya aktor, mau umurnya berapa," katanya dalam jumpa pers FFI 2018 di Taman Ismail Marzuki Jakarta, Minggu (9/12).

Ditemui dalam waktu terpisah, Lukman Sardi selaku Ketua Komite FFI 2018-2020 memberi pemaparan lebih lanjut soal peniadaan kategori tersebut. Menurutnya, ia bersama tim komite tengah melakukan evaluasi tentang konsep penganugerahan Piala Citra kembali.


"Kalau ngomong Oscar kan enggak ada itu kategori pemeran anak, yang namanya aktor itu enggak dibedain anak kecil atau bukan, akhirnya sama. Si anak pun memperlakukan pekerjaannya sebagai aktor," katanya.


Dia menambahkan, "Ini juga sedang mencoba mengolah agar potensi-potensi ini dibina bukan dalam takaran anak. Agar mereka punya motivasi lebih tinggi lagi bahwa 'saya aktor'."

Dengan upaya itu, Lukman lantas mengharapkan bahwa para produser tanah air kelak dapat membuat sebuah film bukan hanya film anak tapi film yang melibatkan anak dengan peran yang dieksplorasi lebih dalam.

"Aku juga ingin usulin ke Pusbang (Pusat Pengembangan) Film , untuk menggali potensi anak mungkin aja dibuat festival film anak," katanya.

Rencana peniadaan kategori itu katanya telah hampir disepakati tapi ia mengaku masih perlu mendapatkan masukan dari asosiasi film yang lain.


"Apakah ini bisa benar-benar dijalankan? Tapi sebenarnya lumayan, udah berapa persen. Tapi kalaupun mau gali potensi [anak-anak] lebih, memang bisa minta Pusbang Film untuk buat festival film anak. Jadi yang dinilai benar-benar film anak, fokus perkembangannya juga ke anak. Tapi saat ini film itu dinilai ke ranah FFI, disamaratakan," tambah Lukman.

Dalam malam penganugerahan Piala Citra 2018 yang artinya tahun terakhir kategori Pemeran Anak Terbaik diadakan, aktris muda Ni Kadek Thaly Titi Kasih dari film Sekala Niskala berhasil mengungguli Alifa Lubis (Koki-Koki Cilik), Bima Azriel (Petualangan Menangkap Petir), Fatih Unru (Petualangan Penangkap Petir), Ida Bagus Putuh Radithya Mahijasena (Sekala Niskala), Lil'li Lastisha (Kulari ke Pantai), Maisha Kanna (Kulari ke Pantai).

Hadir dengan mengenakan kostum adat Bali, Ni Kadek mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukungnya. "Selamat malam semuanya. Pertama tentunya aku berterimakasih pada Tuhan Yang Maha Esa yang sudah memberkati aku, berterimakasih pada kedua orangtua, keluarga besar dan semua teman-teman. Pada Mbak Kamila Andini, semua yang enggak bisa kusebutkan satu-persatu, dan terima kasih pada dewan juri," ucapnya. (agn/rea)