Widyawati Dianugerahi Lifetime Achievement Awards FFI 2018

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 22:30 WIB
Widyawati Dianugerahi Lifetime Achievement Awards FFI 2018 Aktris senior Widyawati memamerkan peraihannya di Piala Citar 2018. (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris senior Widyawati dianugerahi penghargaan tertinggi Lifetime Achievement Awards pada malam penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2018 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (9/12). Istri mendiang aktor Sophan Sophiaan ini mendapatkan piala tersebut atas konsistensi selama lima dekade berada di dunia seni peran.

Tampil anggun dengan kebaya modern bercorak Widyawati pun menyampaikan rasa syukur atas penghargaan tersebut dalam pidato penerimaannya.

"Terima kasih untuk apresiasi ini. Saya tidak pernah berhenti bersyukur dan berterima kasih kepada orang yang saya cintai karena beliaulah saya bisa berasa di sini, ibu saya Aryati, beliau-lah yang menggiring saya ke dunia peran ini, sebelumnya saya tak pernah bermimpi. Beliau yang sering mengajak saya ke tempat syuting," ungkapnya mengawali.


Selama 50 tahun lebih berkarier, Widya turut mengungkapkan bahwa ia telah merasakan nikmat dan mendapatkan segalanya, hingga seorang suami yang juga berkecimpung di dunia film.


"Entah saya sampai kapan berada di dunia ini tergantung pada Allah karena Dia juga menentukan ke mana manusia, segala skenario Dia-lah yang menentukan. Mudah-mudahan saya diberi umur yang panjang," katanya sembari kembali mengucapkan terima kasih pada keluarga dan kerabat dekatnya.

"Ibu, bapak, dan suami saya. Anak saya Roma yang cerewet usai bapaknya enggak ada, berarti dia cinta sama saya. Juga cucu-cucu saya, kalianlah yang selama menyemangati. Terima kasih film Indonesia," tambahnya.

Tak luput, Widya pun berharap kelak dirinya serta siapapun dapat bersemangat berkreasi dan memberikan wawasan, juga inspirasi kepada penonton film Indonesia.

Usai turun panggung, Widya yang menemui awak media turut membagikan sejumlah pesan serta kiat bagaimana dapat eksis selama lima dekade.


"Saya tidak mengatakan melakukan ini itu, saya rasa itu semua jalan, saya hanya menjalankan saja dan berusaha menjadi baik, karena kita manusia," ungkapnya.

Widya pun mengatakan bahwa dunia film merupakan dunia yang mengasyikkan untuk dirinya bisa bertemu banyak orang dan pergi ke berbagai tempat.

"Anda bayangkan kerja di kantor, rutin, karena saya pernah kerja pada 1985-1990 itu di kantor lumayan boring, sementara film tidak, kru berganti, pemain ganti, lokasi ganti, sesuatu yang menyenangkan sekali. Ada rasa yang sulit diungkapkan," katanya.

Widya telah berkarir di dunia film sejak 1967. Namanya semakin dikenal setelah membintangi Pengantin Remaja pada 1970. Sepanjang kariernya ia telah bermain kurang lebih 50 judul film termasuk yang terbaru Mama-Mama Jagoan bersama Ratna Riantiarno dan Niniek L Kariem. (agn/rea)