3 Hari Rilis di China 'Aquaman' Raup Rp1,3 T

tsy & Tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 04:31 WIB
3 Hari Rilis di China 'Aquaman' Raup Rp1,3 T Jason Momoa sebagai 'Aquman'. (Foto: dok. Warner Bros Pictures/DC Comics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film pahlawan super Aquaman sukses besar sejak dirilis pertama kali pada 7 Desember di China.

Dalam kurun waktu hanya tiga hari, film adaptasi DC Comics itu memperoleh $94 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun menurut data yang diperoleh dari konsultan hiburan Asia, Artisan Gateway.

Keputusan Warner Bros. merilis Aquaman dua minggu lebih awal dari penayangannya di Amerika Serikat merupakan strategi agar menang 'mutlak' atas film Hollywood dan China yang lesu usai tayang berpekan-pekan, atau film lokal kecil lainnya.


Tak heran apabila film garapan James Wan itu bisa mendapat proporsi market share 85% dengan box office nasional mencapai $108 juta atau senilai Rp1,5 triliun.


Perolehan itu memegang rekor terbesar untuk Warner Bros. di China. Film yang diperankan Jason Momoa itu mengalahkan Ready Player One sebesar 66%.

Meski film ini dianggap terlalu kelam untuk selera khalayak mainstream di China, Aquaman justru menjadi film DC Comics terbaik secara kuantitas di negeri tirai bambu itu.

Performa Aquaman juga secara mengejutkan lebih baik dari waralaba Marvel dari Disney yang tak biasanya terjadi.

Film yang ikut diperankan oleh Nicole Kidman itu lebih cemerlang dari Justice League sebanyak 92% dan Batman vs Superman sebesar 78%.


Pendapatan keseluruhan Wonder Woman bahkan jauh di bawah pembukaan film tentang manusia amfibi ini.

Dari segi jumlah layar lebar, Aquaman merajai sirkuit IMAX besar di China.

Dari 559 layar IMAX yang memutarkan film itu, terkumpul $9,7 juta atau setara dengan Rp141 milyar selama akhir pekan.

Untuk penayangan di teater IMAX, Wan membuat format khusus yang diproduksi eksklusif dengan durasi 92 menit sehingga menampilkan lebih banyak gambar hingga 26% pada layar tersebut. (rea)