Kisah Pembunuhan Brutal Ted Bundy Diangkat Jadi Film

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 09:29 WIB
Kisah Pembunuhan Brutal Ted Bundy Diangkat Jadi Film Zac Efron akan berperan menjadi Ted Bundy. (Foto: Cindy Ord/Getty Images for SiriusXM/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Netflix menambah koleksi serial pembunuhan yang diangkat berdasarkan kisah nyata. Kali ini, cerita berfokus pada Ted Bundy.

Bertajuk Conversations With a Killer: The Ted Bundy Tapes akan tayang perdana pada 24 Januari mendatang. Di tanggal yang sama, 30 tahun lalu, seorang pria bernama Ted Bundy dieksekusi setelah membunuh Kimberly Leach pada 1978.

Sutradara peraih Emmy Awards, Joe Berlinger, dipercaya menggarap serial yang terdiri dari empat episode ini. Menurutnya, akan ada selipan wawancara eksklusif dengan Bundy ketika sedang menunggu jadwal eksekusi di Florida, rekaman yang belum pernah diperdengarkan untuk umum.


Conversations With a Killer: The Ted Bundy Tapes juga akan memuat detail pembunuhan yang dilakukan pria yang dihukum mati di usia 42 tahun ini.


Sejarah menuturkan, Theodore Robert Bundy dikenal dunia setelah membunuh, memperkosa, merampok dan terbukti berhubungan seksual dengan mayat di era tahun 1970an. Dia mengaku menghilangkan nyawa 30 wanita muda dan para gadis dalam 1974-1978, namun hingga saat ini diduga masih ada korban yang belum terungkap.

Dipaparkan Hollywood Reporter, dalam serial akan digambarkan hiruk-pikuk media di persidangan, termasuk sejumlah wanita yang mengagumi Bundy dan pernikahannya dengan Carole Ann Boone yang dinikahi Bundy di pengadilan dan kemudian bersaksi atas nama suaminya.

Conversations With a Killer terinspirasi dari buku berjudul sama yang ditulis oleh jurnalis Stephen G. Michaud dan Hugh Aynesworth. Serial ini meliputi riset lebih dari 100 jam rekaman kedua jurnalis yang dibuat ketika Bundy sudah divonis, memberi perspektif unik tentang seorang pembunuh yang mendiskusikan kehidupan dan motifnya sendiri.

Conversations With a Killer: The Ted Bundy Tapes bukanlah serial dokumenter pertama Netflix. Platfrom streaming ini memiliki sejumlah judul dokumentasi yang mengangkat tema serupa, kebanyakan yang menghebohkan publik dan mendapat perhatian masyarakat luas.


Sutradara Berlinger juga mengeksplorasi kehidupan Ted Bundy dalam film lepas Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile, diambil dari sudut pandang Elizabeth Kloepfer, yang pernah memiliki hubungan cinta dengan Bundy dalam kehidupan nyata.

Aktor Zac Efron didapuk sebagai Bundy, sementara Lily Collins berperan sebagai Kloepfer. Selain itu nama John Malkovich dari Being John Malkovich, Jim Parsons dari The Big Bang Theory, Kaya Scodelario dari Skins, Haley Joel Osment dari Kingdom Hearts, serta vokalis dan gitaris band Metallica, James Hetfield, juga disebut terlibat.

Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile akan diputar perdana dalam Sundance Film Festival di Amerika pada 24 Januari 2019. (rea)