Enam Tip Tonton Konser di Ruang Terbuka

CNN Indonesia | Kamis, 13/12/2018 15:48 WIB
Enam Tip Tonton Konser di Ruang Terbuka Konser Ariana Grande di Manchester berlangsung di ruangan terbuka. (Danny Lawson/One Love Manchester/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konser semakin sering berlangsung di Indonesia. Namun tak semua konser berlangsung di dalam gedung atau pun arena yang nyaman. Kerapkali, konser berlangsung di ruangan terbuka beralaskan tanah.

Konser yang berlangsung di luar ruangan memang terasa lebih menyenangkan dan lepas. Namun ketika cuacanya tidak mendukung seperti hujan, mood gembira menonton konser bisa berantakan.

Ada beberapa cara yang bisa dipersiapkan untuk datang ke konser di ruang terbuka seperti perayaan HUT Transmedia ke-17 yang akan berlangsung pada 14-16 Desember mendatang.


Untuk bisa menikmati konser yang didatangi oleh SuJu D&E dan Hyoyeon SNSD itu, berikut enam aspek yang perlu diperhatikan penonton:


Pilih pakaian yang tepat

Tak salah apabila penonton ingin berpenampilan keren dan trendy. Namun, kenyamanan harus menjadi prioritas. Lebih baik, gunakan pakaian yang ringan dan mudah untuk dikenakan.

Bukan hanya untuk meminimalisir kerusakan pakaian akibat di keramaian, jenis pakaian yang ringan dan simple juga memudahkan dalam bergerak di tengah suasana riuh konser.

Selain itu, jenis pakaian yang ringan juga membantu tubuh 'bernapas' mengingat suasana konser yang ramai, panas, dan pengap.

Memilih sepatu ketimbang sandal juga menjadi opsi yang lebih bijak. Risiko cedera atau luka pada kaki karena terinjak atau tersandung akan lebih kecil jika menggunakan sepatu yang tertutup.

[Gambas:Instagram]

Akan tetapi, mengingat acara konser berlangsung di atap terbuka dan beralaskan tanah, ada baiknya memilih sepatu berbahan karet atau yang disiapkan untuk digunakan dalam kondisi kotor atau berlumpur.

Di sisi lain, membawa tas juga penting untuk menampung barang. Namun, hindari kelebihan muatan agar tidak mengganggu kebebasan untuk bergerak.

Bila memungkinkan, membawa pakaian ganti di dalam tas bisa membantu menjaga kondisi tubuh dan mood usai berjibaku menonton konser.

Akan tetapi mengingat peraturan keamanan konser di Indonesia yang kerap melarang tas besar, maka pilih tas yang kecil dan cukup membawa barang yang diperlukan saja.


'Sedia 'payung' sebelum hujan'

Nasihat orangtua ini memang patut dilaksanakan. Apalagi bila pelaksanaan konser di musim penghujan, seperti konser HUT Transmedia ke-17 nanti.

Hujan yang kadang datang tanpa pengumuman bisa membuat mood menonton konser luntur. Maka ada baiknya membawa jas hujan atau ponco dari plastik ringan sebagai antisipasi bila langit 'iseng' menurunkan air.

Penggunaan payung justru tidak direkomendasikan untuk suasana seperti konser, selain berpeluang untuk mengganggu kenyamanan menonton konser dan orang lain, payung berpotensi membahayakan keselamatan ketika kondisi darurat.

Selain itu, membawa payung cenderung lebih ribet dan menambah beban hidup.

Suasana konser di luar ruangan.Suasana konser di luar ruangan. ( Detikcom/Ari Saputra)

Hindari dehidrasi dan kelaparan

Bukan menonton konser namanya bila hanya sekadar menyaksikan penampilan di atas panggung. Ikut bernyanyi bahkan berjoget atau berjingkrak membuat konser terasa lebih afdal.

Maka dari itu, ada baiknya sebelum menonton konser untuk mengisi perut terlebih dahulu. Konsumsi makanan yang bisa menambah energi tanpa harus membuat perut terasa begah sehingga malas bergerak.

Makanan yang mengandung banyak serat seperti nasi merah atau gandum bisa membantu meningkatkan energi dan tak mudah lelah. Ditambah protein seperti daging tanpa lemak akan menambah asupan tenaga.

Setelah mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup, konsumsi air juga amat penting. Hindari kondisi dehidrasi atau kehausan bila tak ingin terjadi drama seperti pingsan yang bisa membahayakan diri sendiri.


Bawa minuman seperti air mineral bila ingin datang ke konser di ruang terbuka.

Namun bila botol minum dilarang masuk arena konser, pastikan Anda sudah mengonsumsi cukup air sebelum melewati sekuriti yang akan menggeledah barang bawaan.

Selain itu, sejumlah konser 'memaksa' Anda untuk membeli makanan dan minuman di lokasi. Cukup makan dan minum sebenarnya bisa membuat Anda menahan diri untuk menghabiskan uang di sana.

Tapi bila tetap ingin jajan di lokasi konser, pastikan Anda mengetahui metode pembayaran yang berlaku, entah secara elektronik, tunai, atau lainnya.

Penonton konser akan diminta menunjukkan barang-barang yang diminta sebelum masuk ke arena.Ilustrasi antrian penonton konser. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Utamakan keselamatan

Kadang kala, konser bisa berakhir dengan kerusuhan. Apalagi, bila mempertemukan sejumlah bintang tamu dengan penggemar fanatik yang kerap gelap mata ketika menikmati pertunjukan.

Anda boleh menikmati sajian konser, namun tetap harus waspada. Bila suasana mulai tidak kondusif dan membuat risih, segera menjauh dan mencari lokasi yang sekiranya aman.

Penting juga memperhatikan petunjuk keselamatan yang kini selalu diumumkan sebelum pertunjukan dimulai. Ketahui pintu keluar terdekat Anda, arah evakuasi, dan tempat berkumpul ketika kondisi darurat.

Ketika bentrokan ternyata pecah, apalagi mulai menunjukkan tanda-tanda saling lempar sesuatu. Jangan panik dan tetap tenang. Tetap waspada dengan memperhatikan tujuan keluar, serta arah lemparan benda agar bisa menghindar.


Jauhi kerusuhan dengan tidak mencolok, tenang, jangan tergesa-gesa apalagi berlari karena bisa memicu kecurigaan pihak yang sedang 'amarah'.

Selain itu, selalu jaga barang pribadi dan orang terkasih dekat dengan Anda.

Namun yang terutama, jangan terpancing amarah sehingga ikut melakukan tindakan bodoh dengan menggabungkan diri dalam kerusuhan. Bisa-bisa, Anda berakhir di kantor polisi.

Konser juga salah satu target bagi pelaku teror, seperti di konser Ariana Grande di Manchester, 2017 lalu.Konser juga salah satu target bagi pelaku teror, seperti di konser Ariana Grande di Manchester, 2017 lalu. (REUTERS/Darren Staples)

Pastikan baterai ponsel penuh

Membawa ponsel dengan baterai penuh akan sangat berguna kala mengalami kendala saat konser. Entah butuh bantuan, tersesat, memesan transportasi daring untuk perjalanan pulang, atau sekadar mencari lirik lagu dari penyanyi di atas panggung.

Selain memastikan baterai ponsel yang dibawa telah terisi penuh, membawa baterai cadangan atau bank daya alias powerbank menjadi opsi yang lebih bijak.

Datang lebih awal

Datang lebih awal ke lokasi konser punya banyak keuntungan. Selain lebih mudah dapat tempat parkir, Anda juga bisa berkesempatan berdiri di posisi terdepan, sedekat mungkin dengan idola, apalagi untuk musisi dengan fan bejibun.

Setelah semua persiapan jelang konser di luar ruangan terpenuhi, sisanya adalah tinggal menikmati pertunjukan. (tsy/end)