Iwan Fals di HUT Transmedia: Merah Putih Harus Berkibar

CNN Indonesia | Jumat, 14/12/2018 21:05 WIB
Iwan Fals di HUT Transmedia: Merah Putih Harus Berkibar Iwan Fals tak lupa memberikan kritik sosial kala manggung di HUT 17 Transmedia, Jumat (14/12), soal nasionalisme dan kebijakan dalam negeri. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah panggung HUT 17 Transmedia yang berlangsung di Transcity, Serpong, Jumat (14/12), Iwan Fals memberikan kritik akan nasionalisme hingga kebijakan-kebijakan dalam negeri.

"Di era globalisasi seharusnya merah putih tambah berkibar, nasionalisme kita tumbuh, begitupun dengan kebijakan-kebijakan lokal kita (seharusnya) membuat kita lebih sehat dan berkembang," kata Iwan.

Lebih lanjut, pelantun 'Bento' itu juga mendorong pemuda Indonesia untuk berani unjuk gigi di tengah era modern.

"Tradisi dan agama menjadi akar bagi gegap gempita modernisasi. Tunjukan pada dunia bahwa sesungguhnya kita mampu," seru Iwan sambil berteriak kepada para penggemarnya.



Hampir semua lagu Iwan Fals memang berbau kritik sosial yang ditujukan pada pemerintahan Indonesia. Ia tidak pernah takut menyuarakan pendapatnya lewat musik. Pada 1984 ia bahkan pernah dicekal karena lagu yang berjudul Mbak Tini.

Seakan semangatnya tak pernah padam, pria yang kini berusia 57 tahun ini juga sempat menggemparkan media sosial lewat lagu bernada kritisnya kepada Presiden Joko Widodo, September 2017 lalu. Ia menagih janji Nawacita Jokowi.

"Ada sembilan janji yang sangat terkenal/ Apakah ini janji surga atau janji kompeni?/ Temanku bilang Nawacita namanya/ Agar Indonesia sejahtera disegani dunia/ Juga menggetarkan yang di surga," lantun Iwan Fals membuka lagu tersebut.

"Hanya memang perlu waktu/ Semoga kita sabar menunggu/ Semoga janji mu bukan janji palsu/ Janji Jokowi semoga terbukti/ Janji Jokowi sungguh dinanti nanti," senandung Iwan dalam lagu keluaran 2015 itu.


Iwan Fals telah menampilkan beberapa lagu di panggung hari pertama HUT 17 Transmedia. Ia membuka gelegar arena Lapangan Transcity, Tangeran Selatan dengan lagu andalannya 'Bento'.

Beberapa jam kemudian ia tampil bersama d'Masiv dengan 'Salah Satunya'. Riuh penonton semakin menjadi-jadi kala 'Aku Bukan Pilihan' dilantunkan.

HUT Transmedia masih berlangsung hingga 16 Desember 2018.

Selain Iwan, di malam pertama ini akan muncul Padi Reborn, Jamrud, KLa Project, D'Masiv, T-Five, Koes Plus Jr, Ruth Sahanaya, Reza Artamevia, Rossa, Inul Daratista, Cita Citata, Wizzy, Afgan, Rizky Febian, dan Rija Abbas.

Sedangkan esok acara HUT 17 Transmedia akan diramaikan dengan penampilan Super Juinor D&E, Slank, Ungu, Armada, Wali, Judika, Cakra Khan, Virgoun, Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, Siti Badriah, Devano, dan 2R (Rizki Ridho). (tsy/end)