Cerita Nostalgia Gratis di Malam Pertama HUT 17 Transmedia

CNN Indonesia | Sabtu, 15/12/2018 06:10 WIB
Cerita Nostalgia Gratis di Malam Pertama HUT 17 Transmedia Konser HUT 17 Transmedia di Serpong, Jumat (14/12). (CNN Indonesia/Diana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yudi beserta istri dan anaknya tampak menikmati penampilan sejumlah musisi yang pentas di atas panggung besar dengan latar bertuliskan 'Sweet 17 Transmedia'. Rasa penasaran yang menggerakkan Yudi untuk datang ke lapangan Transcity Sunburst Serpong di Jumat (14/12) malam yang mendung.

"Iya lihat di jalan ada panggung besar lalu ingin lihat seperti apa acaranya," kata Yudi saat berbincang dengan CNNIndonesia.com, di tengah-tengah kerumunan ribuan penonton yang memadati acara spesial ulang tahun Transmedia itu.

Transmedia menyelenggarakan acara ulang tahun ke-17 pada tahun ini dengan besar-besaran. Tak tanggung-tanggung, jaringan televisi dan media itu menyelenggarakan 'panggung rakyat' selama tiga malam berturut-turut dan terbuka untuk umum serta gratis.


Jumat (14/12) malam adalah hari pertama. Di hari itu, terdapat belasan musisi legendaris yang memang ditempatkan sesuai dengan temanya, nostalgia.


Belasan musisi itu pun berasal kurang lebih dari tiga dekade: era '80-an, '90-an, hingga awal 2000-an. Beberapa di antaranya adalah Padi Reborn, Jamrud, KLa Project, D'Masiv, T-Five, Koes Plus Jr, Ruth Sahanaya, Reza Artamevia, Rossa, Inul Daratista, Cita Citata, Wizzy, Afgan, Rizky Febian, Rija Abbas, dan Iwan Fals.

Khusus Yadi, magnet lain yang menggerakkan dirinya adalah sosok Iwan Fals. Ia memang fan Iwan, alias Oi. "Ke sini mau lihat Iwan Fals, sudah suka dari dulu. Legend banget deh," ujar Yudi.

Yudi pun menerima sajian Iwan dengan bersemangat. Pada Jumat petang, musisi legendaris yang biasa dipanggil 'om Iwan' itu membuka panggung HUT Transmedia dengan lagu yang mungkin terkenal hingga lintas generasi: Bento.

Teriakan musisi 57 tahun itu disambut penuh gairah oleh ribuan Oi yang memadati panggung raksasa Transmedia. Mereka juga ikut bernyanyi dalam setiap lagu Iwan yang dibawakan, seperti pada 'Aku Bukan Pilihan'.

Iwan Fals membuka acara HUT 17 Transmedia.Iwan Fals (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Meski sang anak yang baru berusia satu tahun tersebut sudah terlelap dalam rengkuhan istrinya, Yudi rela menunggu Iwan turun panggung. Baru setelah puas menikmati suara serak nan berat sang idola, dirinya baru memutuskan untuk pulang.

Sembari menikmati penampilan Iwan, Yudi dan istri harus bergantian menggendong sang buah hati. Meski cukup lelah, Yudi mengaku tetap puas karena seolah kembali mengenang masa muda bersama istri tercinta. Gratis pula.

"Iya ini anaknya tidur, ya paling bentar lagi pulang karena dia udah tidur kan. Tapi ya saya sama istri yang senang bisa denger-denger musik zaman dulu," kata Yudi.

Senada dengan Yudi, Diana juga memboyong keluarganya untuk datang ke konser beralaskan tanah tersebut. Lokasi konser yang dekat dengan kediamannya semakin membuat Diana terdorong untuk datang.


Demi melihat dua idolanya secara langsung, yaitu Iwan Fals dan Ruth Sahanaya, Diana memboyong anaknya yang masih duduk di sekolah dasar untuk menonton dua idolanya tersebut. Ia melakukannya dengan maksud tertentu.

"Iya, mau kenalin anak juga sama musik saya yang dulu saya dengerin. Iwan Fals sama Ruth Sahanaya," kata Diana, kembali melanjutkan menonton acara bertajuk Sweet 17 Transmedia itu.

Bila Yudi dan Diana benar-benar mengenang masa lalu, maka konser yang akan diselenggarakan Sabtu (15/12) merupakan pesta bagi penggemar musisi masa kini.

Dijadwalkan, pada Sabtu (15/12), akan ada penampilan boyband dari Korea Selatan, Super Junior D&E yang akan menarik massa para pencinta K-Pop. Selain itu, ada penampilan Slank yang dipastikan mendatangkan ribuan massa Slanker.

Selain dua musisi papan atas beda negara tersebut, konser yang juga akan dibuka pada 18.30 WIB esok akan turut menampilkan Ungu, Armada, Wali, Judika, Cakra Khan, Virgoun, Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, Siti Badriah, Devano, dan 2R (Rizki Ridho). (dna/end)