Koes Plus Junior Berencana Rilis Album Kompilasi pada 2019

CNN Indonesia | Sabtu, 15/12/2018 15:51 WIB
Koes Plus Junior Berencana Rilis Album Kompilasi pada 2019 Bersama dengan sejumlah grup lawas lainnya, Koes Plus Junior akan merilis album kompilasi pada 2019 mendatang. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Koes Plus Junior berencana merilis album kompilasi tahun depan di bawah naungan label Rans Music yang dimotori Raffi Ahmad. Dalam album itu akan berisikan band serta vokal grup yang eksis pada dekade '90an, seperti Elemen, Lingua, Ada Band dan lain-lain.

"Setiap band menyiapkan tiga lagu, dua lagu lama dan satu lagu baru. Tapi tiga lagu itu enggak dirilis bersamaan," kata vokalis sekaligus gitaris David Yon Koeswoyo kepada CNNIndonesia.com di Lapangan Sunburst, BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (14/12).

David menjelaskan salah satu lagu lama yang dipilih adalah Bujangan. Bujangan pertama kali dirilis oleh Koes Plus pada 1973 yang terdapat dalam album bertajuk Koes Plus Volume 9.



Lagu itu mereka pilih sebagai pengingat, terutama pada kaum milenial, bahwa zaman dulu ada band seperti Koes Plus. Sementara satu lagu lagi masih dalam pembahasan.

"Rencana rilis bulan Maret, setelah itu digenjot lagi (untuk album berikutnya). Dalam satu album setiap band rilis satu lagu, nanti setiap tiga bulan rilis album," kata David.

Dalam kesempatan yang sama, drummer Rico Murry mengatakan band yang ia naungi akan mulai proses produksi bulan ini. Jadwal produksi masih bisa berubah karena ada band lain yang juga produksi.

"Kami kan satu paket, nanti kalau tur juga satu paket [yang terlibat dalam album]," kata Rico.

Koes Plus Junior akan meneken kontrak kerja sama dengan Rans Music selama tiga tahun. Mereka menilai selama ini Rans Musik mudah diajak negosiasi soal kontrak hingga semua berjalan dengan lancar.


Terbentuk sejak 1993, Koes Plus Junior sempat vakum pada 2005. Mereka rujuk pada 2010 karena tampil dalam sebuah acara musik di Balai Sarbini, Jakarta Pusat.

"Itu enggak langsung rutin, rutin cuma setahun abis itu masing-masing. Kami ketemu kalau lagi ada panggungan saja, tapi tetap berkomunikasi," kata David.

Rico menambahkan, "Fleksibel saja sih. Masing-masing kan pegang materi jadi mau lagu apa sudah paham. Ketemu, latihan sekali dua kali, langsung jalan."

Sepanjang karier bermusik, Koes Plus Junior telah merilis tiga album bertajuk Bujangan, Buat Apa Susah dan Rasa Hatiku. Mereka juga merilis dua album kompilasi bertajuk Koleksi Emas dan Hatiku Beku. (adp/end)