FOTO: Saat Gajah Ikut Nikmati Musik Klasik

Reuters, CNN Indonesia | Minggu, 16/12/2018 04:56 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Musik klasik tak hanya memberikan efek menenangkan bagi manusia, tetapi juga para gajah tua di Elephants World, tempat perlindungan bagi hewan di Thailand.

Lam Duan, seekor gajah buta Thailand berusia 65 tahun, sedang menikmati makan siangnya, mendengarkan Silent Night dimainkan di atas piano. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Banyak gajah tua di Thailand, seperti Lam Duan, terlalu banyak bekerja sehingga kadang membuat kondisinya buruk. Mereka kemudian direhabilitasi dengan musik di Elephants World, tempat perlindungan bagi hewan di provinsi barat Thailand, Kanchanaburi. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Hampir 80 persen dari sekitar 3.000 gajah di tempat-tempat wisata di Thailand, Kamboja, India, Laos, Nepal dan Sri Lanka, sakit dan kelelahan karena dipekerjakan secara berlebihan. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Di Elephants World, para gajah mendapatkan makanan dan perawatan yang baik untuk penyakit fisik mereka, tetapi musik, dan perlakuan istimewa yang tampaknya mereka sukai.(REUTERS/Soe Zeya Tun)
Relawan asal Inggris Paul Barton (57) tergerak untuk memberikan terapi musik pada gajah yang sakit dan kelelahan di perbatasan Thailand-Myanmar, tepatnya Kanchanaburi, Thailand, dengan menggunakan pianonya. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Beberapa kali dalam seminggu, Paul, yang merupakan pianis klasik, memainkan piano untuk memberi ketenangan jiwa kepada para gajah.(REUTERS/Soe Zeya Tun)
Para gajah, termasuk Lam Duan, biasanya akan mendekati Barton saat dia mulai bermain. Mereka tampak tenang dan fokus pada musik.(REUTERS/Soe Zeya Tun)
Tak hanya musik, para gajah juga mendapat perlakuan istimewa di Elephant World, termasuk pelukan hangat dari pengunjung. (REUTERS/Soe Zeya Tun)


ARTIKEL TERKAIT