Melihat Rizieq Shihab 'Dipamerkan' di Australia

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 16/12/2018 18:09 WIB
Melihat Rizieq Shihab 'Dipamerkan' di Australia Muhammad Zico Albaiquni, seniman yang karyanya dipajang di pameran APT 9. (Foto: CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Muhammad Zico Albaiquni tak pernah menyangka lukisan bergambar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab miliknya bakal terpampang di Queensland Art Gallery of Modern Art (QAGOMA), Australia. Lukisan itu bahkan dipamerkan dalam sejumlah iklan billboard di kota Brisbane, pusat kota Queensland.

Lukisan bergambar Rizieq milik Zico termasuk salah satu yang dipamerkan dalam gelaran 'The 9th Asia Pacific Triennial of Contemporary Art' atau APT 9 di Brisbane. APT 9 merupakan pertunjukan instalasi seni yang digelar tiga tahun sekali di QAGOMA. APT pertama digelar pada tahun 1993.

Dalam pertunjukkan itu ada lebih dari 400 karya seni dari 80 seniman di negara-negara Asia Pasifik yang menyajikan perpaduan kreativitas dengan pengetahuan lintas budaya yang cukup unik.


Selain Zico, ada tiga seniman Indonesia lain yang karyanya dipajang di gelaran APT 9 yakni Aditya Novali, Elia Nurvista, dan Handiwirman Saputra.


Ditemui di media preview APT 9 akhir November lalu, Zico tersenyum simpul saat ditanya soal idenya melukis Rizieq dalam lukisan yang diberi judul 'The Imbrogilio Tropical Paradise 2018' itu. Dalam lukisan tersebut Rizieq terlihat tengah memimpin pasukan di belakangnya sambil bergandengan tangan dengan seseorang di sampingnya.

Rizieq digambarkan dengan pakaian putih-putih khasnya lengkap dengan sorban di kepala. Lukisan itu tampak berlapis. Di komponen depan lukisan itu terlihat seorang perempuan berambut panjang tengah melihat gambar seekor harimau yang seolah adu kelahi dengan burung merak di depannya.

Zico tak menampik bahwa sosok Rizieq sengaja ia gambar karena saat itu tengah ramai gerakan aksi bela Islam 212. Namun ia tak secara gamblang menjelaskan tujuannya menggambar sosok Rizieq.

Anak dari pelukis kondang Tisna Sanjaya itu mengaku memang lebih suka menggunakan simbol-simbol dalam lukisannya. Ia membebaskan audiens untuk menginterpretasikannya sendiri.

"Di sini memang banyak sekali simbol. Ada tafsir yang harus dipikirkan bersama, siapa yang berhadapan, siapa yang melihat masa lalu, siapa yang menyerang, karena itu masalah kita juga di Indonesia," katanya.

Ada empat seniman Indonesia yang karyanya dipajang dalam pameran ini. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

Sementara gambar perempuan yang ia lukis merupakan representasi istrinya. Zico mengatakan, dirinya banyak ditemani sang istri selama mengikuti sejumlah pertunjukan seni di beberapa negara. Selain di Australia, Zico memang beberapa kali mengikuti pertunjukan seni di sejumlah negara Asia dan Eropa.

"Perempuan itu istri saya. Dia mengajari saya banyak hal setelah menikah hingga membuat saya memiliki perubahan sudut pandang," ucap Zico.

Selain lukisan bergambar Rizieq, ada empat lukisan lain karya Zico yang dipajang di APT 9.


Dalam pameran APT 9 itu juga terdapat berbagai karya seni lain seperti patung, ukiran kayu, foto, dan instalasi seni unik buatan seniman berbagai negara. Tentu kita tidak boleh sembarangan memotret apalagi sampai memegang karya seni itu.

Pameran APT 9 sendiri telah dibuka sejak 24 November lalu dan masih akan berlangsung hingga 28 April 2019. Siapapun dapat berkunjung ke sana tanpa dipungut biaya sama sekali.

Untuk menuju ke QAGOMA, wisatawan dapat berjalan kaki dari Queen Street Mall. Galeri seni ini berada di kawasan South Bank tak jauh dari permainan ikonik Wheel of Brisbane. (pris/rea)