Katon Bagaskara Ingin Budaya Indonesia seperti K-Pop

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 10:06 WIB
Katon Bagaskara Ingin Budaya Indonesia seperti K-Pop Katon Bagaskara termasuk artis yang nyaleg. (CNN Indonesia/Masyaril Ahmad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Katon Bagaskara yang bertahun-tahun menolak masuk ke dunia politik, akhirnya melabuhkan hati ke PDI Perjuangan. Ia kini menjadi calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat daerah pemilihan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ia pun menjadi satu dari banyak selebriti yang tahun ini bertarung di politik.

Pentolan KLA Project itu ingin menjadikan seni budaya sebagai kekuatan di Indonesia. Lebih dari sekadar hiasan dan hiburan, ia ingin kebudayaan menjadi komoditas penting yang akhirnya menggenjot perekonomian Indonesia.



Katon belajar dari betapa K-Pop menjadi tulang punggung di Korea Selatan. Berawal dari K-Pop, segala hal serba Korea laris manis di banyak negara lain, termasuk Indonesia.

Mulai musik, film, produk kosmetik, hingga kuliner.

"Budaya diekspor hingga orang-orang jadi familier. Itu salah satu contoh budaya adalah kekuatan untuk maju ke panggung dunia," kata Katon, dikutip dari kantor berita Antara.


Itulah yang ingin diwujudkannya jika terpilih kelak. Namun, jika ia tak bisa mencapai itu, Katon mengaku siap mundur.

Alasan lain Katon terjun ke politik adalah kekagumannya pada Bapak Proklamasi, Soekarno. Selain itu, ia merasa ini adalah waktu yang tepat untuk maju.

"Momennya sedang pas. Selain itu ada angin segar dari pemerintah yang memberikan peluang untuk rakyat bersuara," kata Katon melanjutkan. Meski begitu, saat wawancara khusus dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu Katon menegaskan ia tetap serius di bidang musik. (Antara/rsa)