Giring Fokus Politik, Nidji Audisi Vokalis Baru

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 19:17 WIB
Giring Fokus Politik, Nidji Audisi Vokalis Baru Nidji membuka audisi mencari vokalis baru, namun tidak untuk menggantikan Giring. (Foto: CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nidji mengadakan audisi vokalis setelah Giring Ganesha memilih fokus jadi politisi. Pada September 2017 lalu Giring telah mendaftar sebagai calon legislatif lewat Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Gitaris Ramadhista Akbar menjelaskan Giring tetap menjadi personel Nidji meski nanti ada vokalis yang baru. Keputusan audisi diambil setelah bertemu beberapa kali dan berbicara dengan Musica Studio sebagai label.

"Giring tidak keluar, kami cari keluarga baru, istilahnya. Kesibukan Giring meniti karier, kita dukung. Vokalis baru itu meneruskan, bukan menggantikan Giring," kata Rama saat jumpa media di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (17/12).


Dalam kesempatan yang sama, Giring mengaku belakangan ini disibukkan oleh agenda politik. Ia kerap blusukan ke Bandung dan Cimahi, daerah pemilihannya, untuk bertemu dengan warga.


Giring berharap Nidji terus menjadi band yang sukses walau dirinya vakum. Seperti band Genesis yang tetap sukses saat berganti vokalis dari Peter Gabriel ke Phil Collins, atau seperti Dewa 19 ketika berganti vokalis dari Ari Lasso ke Once Mekel.

"Saya pengin banget kalau lagu di jalan dengar radio ada Nidji dengan vokalis berbeda. Mereka selalu dukung saya dan saya ingin dukung mereka [Nidji] supaya makin jaya," kata Giring.

Nidji mengaku tidak memiliki kriteria khusus sebagai syarat, namun mereka menginginkan vokalis yang benar-benar berbeda dari Giring, baik dari segi penampilan maupun suara. 

"Kalau cari yang sama udah terjadi di band lain, enggak berhasil. Ketika niat cuma menggantikan doang, bukan karena visi-misi, kita enggak jadi apa-apa," kata drummer Adri Prakarsa.


Giring menambahkan, "Kalau ada kesempatan jadi juri, ada orang yang sok mirip saya enggak akan saya pilih. Nanti enggak akan ada yang baru, sementara Nidji butuh yang fresh."

Audisi akan digelar di sembilan kota, yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Makassar, Manado, Ambon dan Surabaya. Untuk mengikuti audisi perserta harus mengisi formulir di situs Musica dari 19 Desember 2018 sampai 19 Januari 2019 dan membuat video menyanyikan lagu Nidji yang diunggah ke Instagram.

Tidak sendiri, Nidji akan menyeleksi bersama Musica Studio dan Mahaka Radio Integra. Mereka akan memilih 12 finalis dengan hadiah uang, kontrak dengan Musica dan kesempatan manggung bersama Nidji di Bandung dan Surabaya yang termasuk dalam rangkaian audisi.

Nidji akan tampil bersama satu vokalis yang terpilih lewat audisi di acara musik Laff Festival pada 8 Februari 2019. Selain merilis single terbaru, penampilan Nidji pada acara itu juga menjadi penampilan terakhir Giring bersama band yang terbentuk pada 2002 itu. (adp/rea)