347 Film 'Rebutan' Jadi Nominasi Oscar 2019

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Rabu, 19/12/2018 15:42 WIB
347 Film 'Rebutan' Jadi Nominasi Oscar 2019 Pihak penyelenggara Oscar 2019 menyatakan ada 347 film yang memenuhi syarat untuk diseleksi menjadi nominasi Best Picture. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak the Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Academy Awards ke-91 atau Oscar 2019 menyatakan ada 347 film yang memenuhi syarat untuk diseleksi.

Hal itu diungkapkan AMPAS dalam siaran medianya, Selasa (18/12) waktu Amerika Serikat. Ratusan film tersebut kemudian akan diseleksi oleh juri untuk menjadi masuk nominasi sesuai 

"Agar memenuhi syarat untuk jadi pertimbangan di Academy Awards ke-91, film panjang mesti ditayangkan secara terbuka dan komersil di bioskop di Los Angeles hingga 31 Desember, dan dilaksanakan paling singkat tujuh hari berturut-turut," kata AMPAS dalam siaran medianya.



Jumlah tersebut merupakan gabungan dari film-film yang diproduksi oleh studio-studio besar, maupun independen, serta mulai dari film panjang independen, hingga dokumenter.

"Di bawah peraturan Academy, sebuah film panjang harus memiliki durasi lebih dari 40 menit dan harus ditayangkan di bioskop pada film berukuran 35 mm atau 70 mm, atau terkualifikasi dalam format digital," lanjutnya.

Pihak AMPAS kemudian mempertegas bahwa film yang ditayangkan mestilah yang pernah disiarkan di bioskop, sesuatu yang selalu diperdebatkan untuk film yang rilis terbatas dalam bentuk streaming.

"Film panjang yang menerima penampilan publik pertama atau distribusi mereka dalam bentuk apa pun selain penayangan film secara teatrikal tidak memenuhi syarat untuk Academy Awards dalam kategori apapun," lanjut AMPAS, dikutip Rabu (19/12).


Sebelum pengumuman jumlah yang memenuhi syarat ini disiarkan, AMPAS telah mengumumkan sejumlah daftar pendek calon nominasi untuk beberapa kategori, salah satunya film berbahasa asing.

Dalam pengumuman kategori tersebut, perwakilan Indonesia 'Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak' gagal masuk daftar calon nominasi tersebut.

Ada sembilan film yang terpilih oleh juri dan komite Oscar 2019 untuk Foreign Language Film: 'Birds of Passage' (Kolombia), 'The Guilty' (Denmark), 'Never Look Away' (Jerman), 'Shoplifters' (Jepang), 'Ayka' (Kazakhstan), 'Capernaum' (Libanon), 'Roma' (Meksiko), 'Cold War' (Polandia), 'Burning' (Korea Selatan).

Nominasi Oscar 2019 akan secara resmi diumumkan pada 22 Januari mendatang. Sedangkan malam penganugerahannya akan dilangsungkan pada 24 Februari 2019 di Dolby Theatre di Hollywood, Los Angeles. (end)