Wawancara Eksklusif

Curhat SUJU D&E ke CNN Indonesia Soal Jokowi dan Musik Anyar

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Sabtu, 22/12/2018 19:06 WIB
Curhat SUJU D&E ke CNN Indonesia Soal Jokowi dan Musik Anyar Anggota SUJU D&E, Donghae (kanan) dan Eunhyuk (kiri). (Detiknetwork/Warnerdi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Duo asal Korea Selatan, Donghae dan Eunhyuk 'Super Junior' alias SUJU D&E mengisahkan pengalaman mereka bercengkerama dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu dan pilihan bermusik terbaru mereka dalam wawancara eksklusif bersama CNN Indonesia.

Keduanya mengisahkan hal tersebut sebelum mereka tampil mengisi perayaan HUT 17 Transmedia yang diadakan pada 14-16 Desember 2018 lalu di Lapangan Transcity, Serpong, Tangerang Selatan.

Donghae dan Eunhyuk mengisahkan cerita di balik pertemuan Jokowi dengan Super Junior yang sempat menghebohkan beberapa waktu lalu di Korea Selatan.


Kala itu, Jokowi tengah berada dalam lawatan kenegaraan ke Korea Selatan. Di sela-sela jadwalnya, Jokowi bertemu dengan Super Junior, termasuk Donghae dan Eunhyuk. Pertemuan itu menjadi yang kedua setelah SUJU tampil dalam Penutupan Asian Games 2018 lalu.

[Gambas:Instagram]


"Saat Pak Jokowi datang ke Korea, kami sangat terharu, karena beliau meluangkan waktu khusus untuk bertemu dengan kami," kata Eunhyuk kepada CNN Indonesia secara eksklusif, yang tertuang menjadi dua video wawancara singkat.

Setelah mengisahkan soal di balik foto-foto kebersamaan Jokowi dan SUJU, Donghae dan Eunhyuk kemudian mengisahkan alasan konsep musik terbaru grup boyband Korea legendaris.

Super Junior merilis mini album 'One More Time' pada Oktober lalu. Yang menarik, mini album tersebut memiliki sentuhan musik Amerika Latin dan kemudian sukses menarik perhatian 26 negara.

'One More Time' sempat merajai Meksiko, Argentina, Siprus, Qatar, Kolombia, Bolivia, Hong Kong, Indonesia, Makau, Thailand, Oman, Malta, Jepang, Ekuador, Chile, Panama, Vietnam, Malaysia, Saudi Arabia, Filipina, El Salvador, Guatemala, Taiwan, Peru, dan Uni Emirat Arab.

"Sekitar lima tahun lalu, Super Junior pernah melakukan tur konser di Amerika Selatan," kata Eunhyuk. "Salah satu alasan kami melakukan tur tersebut adalah kami memiliki ketertarikan yang besar dengan pasar musik Amerika Selatan,"


"Dan bagi Donghae, saat membuat lagu, dirinya merasa ada banyak lagu yang menarik ketika mendengarkan radio lokal di mobil, selama tur Amerika Latin," lanjutnya.

"Oleh karena itu, saat Super Junior berpikir mengenai tantangan apa lagi yang akan dipilih, musik Latin merupakan genre yang kami pilih." kata Eunhyuk.

Mini album 'One More Time' hadir dengan empat lagu berjudul 'Ahora Te Puedes Marchar', 'Animals', 'One More Time (Otra Vez)' versi pertama yang berkolaborasi dengan band Meksiko Reik, dan versi asli SuJu sendiri.

Sebelum merilis 'One More Time, Super Junior sempat dua tahun vakum menghasilkan karya. Pasalnya, para personel bergantian meninggalkan panggung musik secara sementara karena wajib militer.

Saksikan wawancara eksklusif lengkap bersama Donghae dan Eunhyuk 'Super Junior' hanya di CNNIndonesia.com yang tayang pada Minggu (23/12) mulai pukul 08.00 WIB.

[Gambas:Video CNN] (end)