Music at Newsroom

ONAR, Sarana Kreasi Sekumpulan Anak Tongkrongan

CNN Indonesia | Selasa, 25/12/2018 14:53 WIB
ONAR, Sarana Kreasi Sekumpulan Anak Tongkrongan Berawal dari satu tongkrongan, ONAR kemudian berkembang menjadi sebuah grup hip hop yang semakin terkenal dari waktu ke waktu. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kolektif hip hop ONAR kian naik daun sejak tampil di We The Fest 2017. Penampilan mereka di festival musik tersebut bukan kali pertama, karena sebelumnya mereka tampil di Lalala Festival 2016.

Terbentuk pada 2015, ONAR terinspirasi dari kolektif hip hop Odd Future dan ASAP Mob. Kala itu mereka masih menjadi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang kerap nongkrong dan ingin menghasilkan sesuatu. Hanya Ayub Jonn yang bukan mahasiswa ITB, ia mahasiswa Universitas Parahyangan.

"Bebop suka fotografi dan Aron suka gambar. Jadi ONAR bukan soal manggung, tapi kami mau bikin sesuatu dari tongkrongan buat kami kasih ke orang," kata Bindra Abimanyu alias Noise saat bekunjung ke kantor CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.


Pada tahun yang sama saat terbentuk, ONAR meramaikan perilisan album mini solo personelnya, Havie Prakasya alias Laze, bertajuk Vacant Room. Sejak saat itu Laze sudah serius bermusik karena ia yakin musik adalah jalan hidupnya.


Secara tidak sengaja album mini Laze yang bergenre hip hop membawa ONAR ke jalur yang sama. Terlebih, mereka kerap berdiskusi soal hip hop dan beberapa hal yang berkaitan dengan genre itu saat nongkrong.

"Semua personel punya proyek solo. Selain gue, ada Abim, Ayub, Aryo dan ShotgunDre yang punya proyek solo," kata Laze.

Abim menambahkan, "Kebetulan yang sekarang lagi jalan personel ONAR yang bermusik,"

Harus diakui, sebagai kolektif, ONAR terbilang unik. Lima personel ONAR yang bermusik memiliki gaya yang berbeda, tapi mereka tetap terlihat kompak saat tampil.

Musik Laze dan ShotgunDre terasa hip hop dengan lagu yang cenderung bertutur. Musik Noise juga hip hop, tapi cenderung tengil. Sementara musik Ayub lebih terasa RnB dan musik Aryo lebih terasa soul.

"Inspirasi gue Frank Ocean, yang gue serap dari dia bagaimana menyampaikan rasa lewat lagu, itu yang gue coba kasih lewat lagu dan musik," kata Ayub. 


Aryo menambahkan, "Kalau inspirasi gue Pharrell Williams dan Jamiroquai. Dari kecil gue dicekokin sama kakak gue dengan musik Jamiroquai. Gue suka musik soul."

CNNIndonesia.com sempat beberapa kali menyaksikan penampilan ONAR secara langsung. Salah satunya saat mereka tampil di Hodgepodge 2018. ONAR selalu tampil maksimal dan berhasil membangun ikatan dengan penonton hingga terasa hangat.

Aryo menjelaskan ONAR selalu memutuskan bersama pemilihan daftar lagu saat mereka akan tampil. Daftar lagu disesuaikan emosi yang mau dibawa, yang pasti minimal ada satu lagu dari setiap personel.

Semakin lama ONAR semakin dikenal, begitu pula dengan semboyan mereka, yaitu 'Best Behavior' dan 'ONAR cuma ada satu bangsat'. Tak jarang penonton yang menyaksikan ONAR meneriakkan semboyan tersebut.

"Padahal 'ONAR cuma ada satu bangsat' itu enggak sengaja, frasa itu ada dalam lagu Substansi dan orang-orang pada senang aja," kata Abim.

Penampilan kolektif hip hop ONAR bisa disaksikan secara streaming melalui CNNIndonesia.com Music at Newsroom pada Rabu 26 Desember 2018 pukul 14:00 WIB. (adp/end)