Sutradara dan Wartawan Senior Ali Shahab Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 25/12/2018 20:33 WIB
Sutradara dan Wartawan Senior Ali Shahab Meninggal Dunia Ilustrasi. (Istockphoto/PeopleImages).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara kawakan Ali Shahab meninggal dunia Selasa (25/12) hari ini, pada usia 77 tahun. Hal itu diketahui dari sejumlah rekan yang mengucapkan bela sungkawa di laman media sosial.

Wartawan Senior Ilham Bintang mengucapkan bela sungkawa di akun Facebook pribadinya. Dari keterangannya, Almarhum menghembuskan nafas terakhir pada sore hari, meski tak dijelaskan lebih rinci terkait penyebabnya tutup usia.

"Barusan dapat kabar dari keluarganya sahabat kita seorang wartawan, sastrawan dan sineas terkemuka Ali Shahab jam 3 sore tadi dipanggil menghadap Ilahi Rabbi, pemiliknya yang sah. Innalillahi Wainnailaihi Rojiun."



Tak hanya Ilham, wartawan film senior yan widjaja juga mengungkapkan duka cita di laman twitternya.

Almarhum Ali yang lahir di Jakarta, 22 September 1941 itu pernah merilis sejumlah karya film ternama yang hingga kini masih menjadi buah bibir. Di antaranya, film bergenre horor yang dibintangi aktris Suzanna, yakni Beranak dalam Kubur, Bumi Makin Panas, dan Nafsu Gila pada 1971 dan 1973.

Pria yang dikenal sebagai wartawan senior itu juga menulis beberapa novel remaja bernuansa Islami. Beliau menelurkan karya terkenal sinetron 'Rumah Masa Depan' yang ditayangkan di TVRI pada era 1980-an. Tak berhenti di sana, karya sinetronnya berlanjut melalui Nyai Dasimah, Putri Malam, dan terakhir Zalsa pada era 2000-an.


Tak banyak yang tahu bahwa almarhum merupakan adik kandung dari budayawan yang juga pernah menjadi Menteri Luar Negeri, Alwi Shahab. (lav/lav)