Banksy Kritisi Polusi Industri di Karya Terbaru

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/12/2018 09:28 WIB
Banksy Kritisi Polusi Industri di Karya Terbaru 'Girl With Balloon' menjadi karya besar Banksy yang sensasional. (Foto: REUTERS/Maxim Shemetov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seniman Banksy kembali beraksi di jalanan. Karya terbarunya tiba-tiba muncul di garasi mobil penduduk lokal di Port Talbot, Wales, Inggris, pada Selasa minggu lalu.

Memilih lokasi tepat di sudut kota yang didominasi oleh industri baja itu, Banksy menggambar seorang anak kecil sedang bermain salju, berdiri sambil menjulurkan lidah seolah ingin mencoba rasa salju.

Di sudut baliknya, ia melengkapi karya dengan asap dari api yang sedang berkobar. Anak kecil tadi sebenarnya sedang bermain dengan abu api.


Gambar itu membuat orang menduga Banksy mengkritisi polusi yang diakibatkan oleh pabrik. Pemilik garasi yang menjadi 'kanvas', Ivan Lewis, mengaku bingung mengenai apa yang harus dilakukannya karena karya seni tersebut mengundang semakin banyak perhatian setiap harinya.


"Mulanya menyenangkan, tetapi sekarang mulai membuat stres. Awalnya mulai tidak tidur, sekarang saya harus meminta penjaga keamanan di sini," kata Lewis, seorang karyawan pabrik baja, kepada AFP.

"Saya tak pernah mengalami hal seperti ini. Telepon saya terus berbunyi, ada seribu pesan masuk ke kotak suara telepon rumah," lanjutnya.

Meski belum memutuskan tindakan apa-apa, Lewis juga menolak semua penawaran yang ingin membeli karya tersebut. "Saya hanya membiarkannya berjalan dan saya tak tahu ke mana arahnya," ujarnya.

Karya itu disebut menjadi tontonan umum, di mana orang-orang berdatangan secara berkelompok dan membicarakannya, menyebabkan keramaian yang tak biasa. Namun penduduk setempat ternyata menyukai ide dan hasil kerja Banksy.


"Ini bagus sekali karena mempunyai sejumlah pesan," ucap Kirstin Tucker.

"Ketika kau melihat dari satu sudut, hanya ada seorang anak kecil bermain salju. Tetapi ketika kamu melihat api dan polusi dari sudut lain, itu membuatmu berpikir tentang Port Talbot, sisi industrial dan sejarahnya," katanya.

Seorang warga lain, Jason Smart menambahkan, "Saya mengikuti seni Banksy. Saya pikir luar biasa untuk Port Talbot bahwa dia benar-benar datang ke sini dan melakukan sesuatu untuk komunitas lokal. Pernyataan sosial yang kuat."

Anne-Marie Hutchinson mempunyai pemikiran serupa. "Bisa memiliki kesempatan unik untuk membawa orang dari jauh, saya pikir mereka bisa saja datang dari berbagai belahan dunia, menurut saya itu brilian," ujarnya.


Melalui akun Instagram, Banksy mengkonfirmasi bahwa gambar tersebut adalah karyanya. Ia mengunggah sebuah video pendek dan menulis pesan selamat berlibur.

[Gambas:Instagram]

Banksy dikenal dunia berkat karya berjudul 'Girl With Balloon' yang sensasional itu. Bulan Oktober lalu, ia mengejutkan publik dengan menghancurkan sendiri 'Girl With Balloon' di pelelangan Galeri Seni Sotheby's di London, tepat setelah terjual dengan nominal Rp21 miliar.  (rea)