Penulis Lagu 'Killing Me Softly' Tutup Usia

CNN Indonesia | Sabtu, 29/12/2018 19:15 WIB
Penulis Lagu 'Killing Me Softly' Tutup Usia Ilustrasi (AFP PHOTO / POOL / Paul Sancya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Norman Gimbel, penulis lirik lagu 'Killing Me Softly', 'The Girl From Ipanema' dan lagu 'Happy Day' tutup usia di umur 91 tahun. Kematiannya diumumkan oleh langsung oleh BMI yang menyebut Gimbel adalah sosok penulis lagu yang berbakat dan produktif.

Kepergian Gimbel, katanya, bakal dirindukan oleh teman-teman dan penggemarnya di perkumpulan hak cipta musik. Pemusik asal Brooklyn itu meninggal di rumahnya di Montecito, California pada 19 Desember. Kejadian ini disampaikan langsung oleh putranya, Tony Gimbel langsung kepada media The Hollywood Reporter yang dikutip oleh AFP.

Selama berkarya, Norman Gimbel memenangkan ajang Academy Award untuk kategori lagu soundtrack terbaik bersanding dengan komposer David Shire yang menciptakan lagu bagi Jennifer Warnes dengan judul It Goes Like It Goes.


Gimbel menulis Killing Me Softly milik Roberta Flack dan berkolaborasi dengan Charles Fox. Lagu ini memenangkan ajang musik bergengsi Grammy Award pada tahun 1973. Lagu ini mencapai puncak popularitas ketika dinyanyikan ulang oleh grup hip hop The Fugees pada tahun 90an.

Kemudian lagu Gimbel dibuat ulang versi Brazil yang berjudul 'The Girl from Ipanema' berhasil memenangkan Grammy Award pada tahun 1965. Kemenangan ini membuat lagu tersebut sebagai lagu Jazz yang paling banyak di nyanyikan ulang sepanjang masa.

Tak hanya menulis lagu untuk penyanyi, ia juga dikenal bekerjasama dengan televisi untuk lagu pengantar Happy Days, Wonder Woman dan Laverne and Shirley. Ia juga merupakan penulis lagu Hall of Fame pada tahun 1984. Seorang kerabat dekat Gimbel, Robert Folk memuji Gimbel di akun Facebooknya.

"Norman adalah orang yang berbakat, brilian di setiap langkahnya dan sangat sukses memimpin setiap jenis lagu di musik yang populer," tulis Robert yang sudah bekerjasama dengan Gimbel sebanyak 15 lagu.

"Saya mengingat salah satu momen yang tak terlupakan adalah saat Norman menelepon saya saat ia menyelesaikan sebuah lagu untuk film terkenal," cerita Robert.

"Ia secara pribadi memberitahukan ke saya jangan pernah beri tahu mereka betapa mudahnya pekerjaan ini untuk kita dan betapa bahagianya kita menulis lagu ini. Karena kalau tidak, mereka tidak akan membayar kita dengan uang lagi," kenang Robert.

The Hollywood Reporter menyebut Gimbel meninggalkan empat orang anak, yakni Tony, Nelly, Peter dan Hannah. (ctr/eks)