Sutradara 'Black Mirror' Tak Mau Buat versi Interaktif Lagi

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 04/01/2019 20:28 WIB
Sutradara 'Black Mirror' Tak Mau Buat versi Interaktif Lagi Segera menyongsong musim kelima, 'Bandersnatch' akan jadi satu-satunya episode interaktif 'Black Mirror'. (Foto: dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Bandersnatch Charlie Brooker mengungkapkan tak lagi merilis episode Black Mirror dalam versi interaktif. Dia mengaku itu merupakan pekerjaan besar untuk kembali menyuguhkan film yang melibatkan langsung penontonnya.

Meski demikian, ia tetap menjanjikan suguhan yang menarik pada musim Black Mirror selanjutnya.

"Ini lebih sulit daripada yang kau pikirkan," katanya kepada The New York Times.


Dia melanjutkan, "Kami melakukan episode dan cerita yang lebih optimis, bukan hanya sekadar fiktif dan bernada negatif. Kami ingin menjaga pertunjukan tetap menarik bagi kami."


Sepekan silam, Brooker telah menggebrak dunia perfilman lewat perilisan Bandersnatch, film yang menyajikan petualangan bagi penonton untuk mengendalikan alur cerita. Pilihan-pilihan yang disuguhkan mulai dari hal sepele seperti menentukan sereal, lagu yang ingin didengarkan karakternya hingga mengubah hidup yang menentukan akhir cerita.

Meski Brooker telah menyatakan tak akan membuat episode Black Mirror lain dalam bentuk interaktif, tetapi Netflix sendiri berencana membuatnya lebih banyak. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Inovasi Produk Netflix, Carla Engelbrecht.

"Kami ingin mengambil sejumlah hal dalam hal ini dan melihat apa yang bekerja untuk audiens yang berbeda," katanya, dikutip dari NME.

"Itulah yang sedang kami lakukan sekarang- apa saja kisah lain yang bisa kami ceritakan dan orang-orang bersemangat untuk menceritakannya. Dan terus mencari peluang serta melihat apa yang ada di sana," tambahnya.


Di samping itu, Netflix telah mengkonfirmasi bahwa musim kelima akan tiba tahun ini. Berbicara tentang kemungkinan episode sekuel, Brooker mengatakan dia akan terbuka untuk kembali ke cerita yang ditampilkan di episode White Bear musim kedua dan San Junipero musim ketiga.

"Itu adalah sesuatu yang kami diskusikan pada saat itu, sebagai potensi perluasan cerita," ungkapnya. (agn/rea)