Candu 'Bird Box Challenge' dan Bahaya yang Mengiringinya

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 04/01/2019 16:17 WIB
Candu 'Bird Box Challenge' dan Bahaya yang Mengiringinya Seiring dengan kepopuleran film 'Bird Box', muncul tantangan baru Bird Box Challenge. (dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesuksesan Bird Box dari Netflix membuat orang-orang mulai mengikuti aksi Sandra Bullock yang berjalan dengan mata ditutup kain seperti dalam film tersebut melalui Bird Box Challenge.

Mirip seperti tantangan-tantangan yang pernah hadir sebelumnya seperti Keke Challenge atau Ice Bucket Challenge, Bird Box Challenge ini dianggap membahayakan keselamatan diri pelakunya.

Bird Box sendiri merupakan film thriller bertema pos-apokaliptik yang mengikuti perjalanan berbahaya sebuah keluarga kecil dalam kondisi buta dengan mata tertutup.



Hal itu bertujuan untuk menghindari monster pembunuh berbahaya yang berkeliaran dan menyerang orang melalui pandangan mata. Sehingga, menutup mata adalah cara untuk menyelamatkan diri dari monster tersebut.

Dirilis pada 14 Desember lalu, kepopuleran Bird Box membuat berbagai meme bertebaran, terutama membandingkannya dengan film sejenis seperti A Quite Place dan Don't Breathe.

Namun meme saja ternyata tak cukup. Orang-orang pun mulai memainkan permainan mirip 'tap umpet' ini untuk merasakan adegan film tersebut.

Bird Box Challenge menuntut pemainnya menutup mata dengan kain dan melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari, mulai dari berjalan, hingga mengendarai kendaraan, yang jelas membahayakan keselamatan.

Berbagai video bertebaran di media sosial menunjukkan aksi masyarakat melakukan Bird Box Challenge.












Netflix, selaku produsen film Bird Box, pun sudah memberikan peringatan dan meminta masyarakat tidak menirukan adegan dalam film tersebut melalui tantangan ini.

"Tak percaya saya harus mengatakan ini, namun: tolong jangan lukai diri Anda dengan Bird Box Challange. Kami tidak tahu bagaimana ini muncul, dan kami mengapresiasi kecintaannya, namun Boy dan Girl hanya punya satu harapan untuk 2019 dan itu adalah Anda tak berakhir di rumah sakit akibat meme itu," kata Netflix melalui unggahan di media sosial.



[Gambas:Youtube] (end)