Golden Globe Awards 2019 Kini Lebih Berwarna

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 08:27 WIB
Golden Globe Awards 2019 Kini Lebih Berwarna Sandra Oh. (REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Karpet merah Golden Globe Awards 2019 kini penuh warna. Tahun lalu, selebriti berseliweran mengenakan busana serba hitam sebagai ungkapan duka atas terungkapnya pelecehan seksual di Hollywood. Kala itu gerakan #MeToo juga digaungkan begitu agung.

Kali ini, Sandra Oh yang menjadi pemandu acara bersama Adam Samberg, tampil di karpet merah dengan gaya Hollywood klasik yang didesain oleh Elizabeth Saltzman. Sebelumnya Saltzman pernah mendesain gaun untuk Gwyneth Paltrow dan Saoirse Ronan.

"Kemungkinan besar Sandra adalah wanita terpintar, paling menyenangkan, paling energik dan keren yang pernah bekerja sama dengan saya," kata Saltzman seperti dilansir PEOPLE.


Saltzman melanjutkan, "Saya berharap ketika orang melihat fesyennya, mereka melihat bahwa kalian bisa menjadi kuat, berdaya, canggih dan menyenangkan - kalian bisa menjadi secantik dan sepintar itu."


Saltzman hanya memiliki waktu beberapa minggu untuk merampungkan gaun Oh. Ia mendapat kabar Oh akan menjadi presenter Golden Globe pada pertengahan Desember lalu. Menjadi tantangannya untuk membuat gaun dalam waktu yang terbilang singkat.

Bukan hanya orang Kanada pertama, Oh juga orang berdarah Asia pertama yang menjadi presenter ajang penghargaan bergengsi ini. Kedua orang tuanya adalah orang Korea yang berpindah ke Kanada pada 1960-an. Keberadaan dirinya dalam acara ini menjadi momen penting keterwakilan Asia di Hollywood.

Representasi darah Asia lainnya datang dari film Crazy Rich Asians yang mendapat nominasi Best Motion Picture - Musical or Comedy. Aktris Constance Wu, pemeran utama Crazy Rich Asians, masuk nominasi Best Actress in a Motion Picture - Musical or Comedy.

Selain Asia, representasi kulit hitam juga banyak dalam Golden Globe 2019 di berbagai nominasi, dua di antaranya adalah Green Book dan Black Panther. Green Book masuk dalam lima nominasi bergengsi, salah satunya diwakilkan Mahershala Ali lewat nominasi Best Actor in a Supporting Role in Motion Picture.


Ali juga menjadi representasi Muslim dalam Golden Globe 2019. Pada 2017 lalu ia menjadi Muslim pertama yang menerima Piala Oscar dalam gelaran Academy Awards ke-89 di kategori Aktor Pendukung Terbaik atas aktingnya di film Moonlight.

Kali ini, dalam nominasi Best Actor in a Supporting Role in any Motion Picture, ia bersaing dengan empat aktor lain. Mereka adalah Timothee Chalamet (Beautiful Boy), Adam Driver (BlacKkKlansman), Richard E. Grant (Can You Ever Forgive Me?) dan Sam Rockwell (Vice).

Sementara, Black Panther menjadi film pahlawan super pertama yang masuk nominasi Best Motion Picture - Drama. Bisa dibilang, Black Panther adalah film Marvel pertama yang didominasi aktor kulit hitam. Sejak rilis Februari tahun lalu, Black Panther menuai banyak pujian dan mendapat ulasan positif dari berbagai media.

Di karpet merah Golden Globe 2019, terlihat beberapa aktor yang beraksi di Black Panther sudah hadir. Beberapa di antaranya adalah Michael B. Jordan yang berperan sebagai Erik Killmonger dan Lupita Nyong'o yang berperan sebagai Nakia.

Dengan komposisi seperti ini, Golden Globe 2019 lebih berwarna ketimbang sebelumnya, baik dari film yang masuk nominasi atau pun ras. (adp/end)