Sandra Oh Toreh Dua Sejarah di Golden Globe Awards 2019

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 15:40 WIB
Sandra Oh Toreh Dua Sejarah di Golden Globe Awards 2019 Pada malam Golden Globe Awards 2019, Sandra Oh mengukir dua prestasi sekaligus: keturunan Asia pertama yang jadi presenter dan dapat piala lebih dari sekali. (Mike Coppola/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris Sandra Oh menorehkan dua sejarah baru dalam Golden Globe Awards 2019. Selain menjadi orang berkebangsaan Kanada dan berdarah Asia pertama yang menjadi presenter, ia adalah berdarah Asia pertama yang meraih piala Golden Globe lebih dari sekali.

Oh baru saja mendapat penghargaan Best Performance by an Actress in a Television Series - Drama lewat penampilannya di Killing Eve.

Ia berhasil mengalahkan Caitriona Balfe (Outlander), Elisabeth Moss (The Handmaid's Tale), Julia Roberts (Homecoming), dan Keri Russell (The Americans).



Ia nampak kaget ketika namanya disebut sebagai pemenang, ayah dan ibunya tepuk tangan sambil berdiri. Setelah menerima piala, ia memberikan sambutan dengan wajah sumringah.

"Malam ini ada dua orang di sini yang membuat saya bersyukur mereka berada di sini bersama saya," kata Oh.

Oh melanjutkan dalam Korea, "Mama, papa. Saya cinta kalian."

Penghargaan Golden Globe yang pertama ia raih adalah Best Supporting Actress - Series, Miniseries or Television Film pada 2006 silam. Wanita berusia 47 tahun ini menang berkat penampilannya di Grey's Anatomy.

Ia memang warga Kanada. Namun keturunan Asia menggelegak dalam darahnya. Orang tuanya adalah Korea. Wajahnya, namanya, sangat Asia. Keberadaannya di panggung Golden Globe Awards 2019 pun menjadi momen penting terrepresentasikannya Asia di Hollywood.


Sandra Oh menyadari ia menggebrak sejarah. Dalam wawancara dengan The Hollywood Reporter, ia mengatakan takkan bicara soal Presiden Amerika Serikat Donald Trump, topik yang hampir selalu menjadi bahan sindiran di setiap ajang penghargaan Hollywood belakangan. Alih-alih, ia ingin bicara soal perubahan.

"Berapa banyak orang menonton Black Panther dan Crazy Rich Asians? Itu mengubah banyak hal. Bicara soal komunitas saya saja, banyak orang menangis menonton Crazy Rich Asians, dan itu bukan karena ceritanya bagus dan genrenya komedi romantis," ia berpendapat.

"Itu karena melihat dirimu terrefleksikan di layar lebar adalah sangat emosional ketika kau bahkan tak tahu bahwa selama ini dirimu sebenarnya berduka karena tak pernah dipandang." kata Sandra Oh yang dikenal vokal di Hollywood.

Sandra Oh merasa selama ini bintang Asia belum banyak mengisi layar. Kini, ia mengubah itu. (adp/end)